WIJANARKO, SRI OKTANTO ARIF (2020) ANALISIS PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA SDN TLOGOSARI KULON 03 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Sri Oktanto Arif Wijanarko.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
SRI OKTANTO ARIF WIJANARKO. NPM 15120224. “Analisis Pelaksanaan
Ekstrakurikuler Pramuka”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I
Asep Ardiyanto,S.Pd.,M.Or . Pembimbing II Arfilia Wijayanti,S.Pd.,M.Pd. 30
September 2019.
Penelitian ini didasari oleh pentingnya penerapan pendidikan karakter
pada peserta didik. Menurut kepala sekolah tanpa ada tambahan pendidikan diluar
jam pelajaran sulit sekali membentuk karakter baik kepada pesrta didik. Karena
yang mempengaruhi pembentukan karakter peserta didik tidak hanya di
lingkungan rumah, melainkan lingkungan masyarakat dan juga lingkungan
sekolah.
Konteks dalam penelitian ini adalah; bagaimana proses pelaksanaan
eksrakurikuler Pramuka di SDN Tlogosari Kulon 03 dalam pembentukan karakter
disiplin dan tanggungjawab ? Adapun dalam tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SDN Tlogosari
Kulon 03 Semarang yang di fokuskan pada pendidikan karakter disiplin dan
tanggung jawab siswa.
Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang
menggambarkan peristiwa atau fenomena dengan data-data yang berbentuk
informasi berupa deskripsi dari SDN Tlogosari Kulon 03 Semarang. Teknik
analisis data menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif melalui
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji
keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian dari hasil observasi wawancara
dua pembina Pramuka dan kepala sekolah dapat disimpulkan bahwa kegiatan
ekstrakurikuler Pramuka sangat mempengaruhi karakter siswa. Hal ini bisa dilihat
dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa kelas 3
mencapai 80,13% sedangkan kelas 4 mencapai 88,75%. Sedangkan dari segi
tanggung jawab kelas 3 mencapai kategori “Baik” 40% sedangkan kelas 4
mencapai kategori “Cukup” 38,2% Hal tersebut membuktikan bahwa dalam
ekstrakurikuler Pramuka berperan penting dalam membentuk karakter disiplin dan
tanggung jawab siswa.
Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya pembina pramuka dan
sekolah dapat meningkatkan sarana dan prasarana ekstrakurikuler pramuka agar
proses penerapan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa dapat
dilaksanakan dengan maksimal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:11 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:11 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7441 |