PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SD NEGERI PRAMPELAN 1 SAYUNG SEMESTER GENAP TAHUN 2022/2023

Zuhfa, Affela (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SD NEGERI PRAMPELAN 1 SAYUNG SEMESTER GENAP TAHUN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AFELLA ZUHFA 19120177.pdf] Text
AFELLA ZUHFA 19120177.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Afella Zuhfa. NPM 19120177. “Pengembangan Media Papan Kata
Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD
Negeri Prampelan 1 Sayung Semester Genap Tahun 2022/2023”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Mudzanatun. S.Pd.,M.Pd. dan pembimbing II M.
Yusuf Wardana. S.Pd.,M.Pd. 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Papan
Kata pada kemampuan membaca permulaan siswa Kelas 1 Sekolah Dasar
sehingga dapat mengetahui dan menganalisis karakteristik media
pembelajaran Papan Kata serta menganalisis kevalidan dan dapat diterima
oleh guru dan murid dengan baik pada pembelajaran Bahasa Indonesia.
Metode pada penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan
ADDIE dengan menggunakan 5 langkah yaitu dari tahap Analisi, Desai,
Develomphment, Implimentasi, Evaluasi. Subjek pada penelitian ini
adalah siswa kelas 1 di SDN Prampelan 1 Sayung sebanyak 42 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan
dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dari hasil
wawancara dengan guru, siswa, ahli materi dan ahli media dan analisis
kuantitatif dari hasil angket guru, siswa, ahli materi dan ahli media.
Hasil penelitian yang berjudul “Pengembangan Media Papan Kata Untuk
Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD
Negeri Prampelan 1 Sayung Semester Genap Tahun 2022/2023”
didapatkan kesimpulan bahwa media Papan Kata layak dan sangat efektif
digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada
kemampuan membaca permulaan siswa. Hal ini karena media
pembelajaran Papan Kata memiliki daya tarik untuk siswa dengan
tampilan yang menarik dan terdapat gambar yang membuat siswa semakin
bersemangat sehingga menjadikan peserta didik lebih antusias dalam
proses pembelajaran.
Saran penelitian dalam kegiatan ini yaitu pemanfaatan media pembelajaran
sangat penting terutama untuk melatih membaca permulaan Kelas 1 serta
menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan agar memiliki kesan yang
baik untuk siswa yang belum bisa membaca untuk kelas 1 Sekolah Dasar.
Diharapkan guru lebih kreatif dalam pengembangan media karena melatih
siswa yang kurang bisa dalam membaca membutuhkan media yang efektif.
Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran. Papa Kata

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:41
Last Modified: 15 Jan 2024 06:53
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/744

Actions (login required)

View Item
View Item