ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN KELAS V SD NEGERI CEPAGAN 01 BATANG

PRATIWI, MEILIA FINA (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN KELAS V SD NEGERI CEPAGAN 01 BATANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of MEILIA FINA PRATIWI.pdf] Text
MEILIA FINA PRATIWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

MEILIA FINA PRATIWI. NPM 16120079. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa
dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas
V SD Negeri Cepagan 01 Batang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I M. Arief Budiman, S.S., M.Hum. Pembimbing II Fajar Cahyadi,
S.Pd., M.Pd. 29 Juni 2020
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam
memecahkan masalah matematika, mendeskripsikan kesulitan belajar dalam
pemecahan masalah matematika, dan mengetahui faktor yang mempengaruhi
kesulitan belajar dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Negeri
Cepagan 01 Batang. Jenis penelitian ini adalah deksriptif kualitatif . Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan siswa paling tertinggi terdapat pada
melihat (mengecek) kembali jawaban. Sedangkan kesalahan siswa terendah
terdapat pada memahami masalah. Dari hasil persentase kesalahan siswa
menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam
menyelesaikan soal cerita, melakukan penghitungan matematika, gaya belajar
guru yang diterapkan, dan kurangnya respon respon siswa. Selain itu, kesulitan
belajar siswa dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal.
Saran sebaiknya guru lebih memperhatikan kesulitan yang dialami setiap
siswa, terutama untuk siswa yang mengalami kesulitan belajar agar tidak
ketinggalan dengan temannya yang sudah memahami materi pelajaran. Guru juga
sebaiknya memperhatikan gaya mengajar yang lebih baik, seperti menggunakan
media yang mendukung untuk mempermudah siswa memahami materi. Dan
kepada siswa sebaiknya dalam menyelesaikan soal cerita pemecahan masalah
matematika lebih teliti (mengecek) kembali jawabannya agar tidak mengalami
kesalahan dalam mengerjakan soal. Ketika proses kegiatan pembelajaran
sebaiknya siswa memperhatikan guru ketika menjelaskan materi agar mampu
memahami dengan jelas materi yang disampaikan oleh guru sehingga ketika
mengerjakan soal saat ulangan mendapatkan hasil yang baik.
Kata Kunci : Analisis, Kesulitan Belajar, Pemecahan Masalah Matematika,
Operasi Hitung Pecahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 02:11
Last Modified: 18 Nov 2024 02:11
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7437

Actions (login required)

View Item
View Item