ROHMAWATI, FARIDA (2020) PENERAPAN LITERASI MELALUI MINAT MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS IV SEMESTER GASAL SD N SUMBEREJO 01 PATI TAHUN 2019 / 2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FARIDA ROHMAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
FARIDA ROHMAWATI. “Penerapan Literasi Melalui Minat Membaca dan
Menulis Siswa Kelas IV Semester Gasal SD N Sumberejo 01 Pati Tahun
2019/2020”, Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing 1 Henry Januar Saputra, S. Pd., M. Pd., Pembimbing II Mudzanatun,
S.Pd., M. Pd., Maret, 2020.
Latar belakang yang mendorong dalam penelitian ini adalah rendahnya
minat membaca dan menulis siswa. Hal tersebut terjadi karena minimnya sarana
untuk memperoleh bahan bacaan, seperti perpustakaan, taman bacaan dan pojok
baca.
Konteks penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengaruh
penerapan literasi melalui minat membaca dan menulis siswa kelas IV semester
gasal SD N Sumberejo 01 Pati? 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat
penerapan literasi melalui minat membaca dan menulis siswa kelas IV semester
gasal SD N Sumberejo 01 Pati? 3) Bagaimana solusi yang dilakukan oleh pihak
guru dan sekolah dalam mengatasi hambatan penerapan literasi di kelas IV SD N
Sumberejo 01 Pati?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan
literasi melalui minat membaca dan menulis di SD N Sumberejo 01 Pati, untuk
mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan litirasi melalui minat
membaca dan menulis, dan untuk mengetahui solusi yang dilakukan oleh pihak
guru dan sekolah dalam mengatasi hambatan penerapan literasi. Jenis penelitian
ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data adalah Kepala sekolah, Guru kelas
IV, dan siswa kelas IV. Data penelitian ini diperoleh adalah dengan cara
observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah menunjukan bahwa penerapan literasi di SD
N Sumberejo 01 Pati dalam tahap pembiasaan, yang diwijudkan dalam kegiatan
membaca dan menulis buku non-pelajaran. Faktor pendukung dalam penerapan
literasi adalah seluruh warga sekolah berperan aktif dalam penerapan literasi,
siswa memiliki antusias tinggi dalam penerapan literasi, Siswa memiliki cara
fokus dalam melaksanakan literasi, adanyanya berbagai pihak yang ikut
membantu. Sedangkan faktor penghambat literasi adalah tidak adanya penjaga
perpustakaan yang selalu ada di perpustakaan, belum tersedianya fasilitas pojok
baca, kurangnya durasi waktu yang disediakan untuk kegiatan menulis. Solusi
yang dilakukan untuk mengatasi hambatan penerapan literasi adalah menujuk
guru kelas V sekaligus menjadi penjaga perpustakaan dan pembuatan jadwa
pengunjung perpustakaan, siswa diperbolehkan meminjam buku untuk dibaca
diluar perpustakaan, siswa boleh membawa pulang tulisan yang belum selesai
untuk diselesaikan di rumah.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka peneliti menyampaikan
saran agar hasil analisis ini dapat dijadikan panutan dan dapat diterapkan di SD
lain yang ada di Pati dalam menerapkan literasi.
Kata Kunci : Penerapan Literasi, Minat Membaca dan Menulis, Siswa Sekolah
Dasar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:08 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:08 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7435 |