UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MELIPAT ORIGAMI PADA KELOMPOK B KB BHAKTI ANANDA

MAS ‘AH, SRI (2020) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MELIPAT ORIGAMI PADA KELOMPOK B KB BHAKTI ANANDA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SRI MAS'AH.pdf] Text
SRI MAS'AH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

SRI MAS’AH. NPM 18156040. “ Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak
Melalui Kegiatan Melipat Origami Pada Kelompok B KB Bhakti Ananda “.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Paud Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2020
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah , rendahnya
kreativitas anak di dalam melakukan kegiatan melipat origami . Hal tersebut
disebabkan anak masih kurang mandiri dan kurang kreatif dalam menerima tugas
dari gurunya, anak mengalami kebingungan dan masih tergantung kepada guru.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana impelementasi
meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan origami pada kelompok
B KB Bhakti Ananda? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan origami pada kelompok B
KB Bhakti Ananda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2
siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1) Membuat perencanaan, 2)
melakukan Tindakan, 3) mengadakan pengamatan terhadap Tindakan, 4)
merefleksi hasil pengamatan Tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3 kali
pertemuan. Penelitian ini dilakukan di KB. Bhakti Ananda Sadeng Gunungpati
Semarang. Subyek penelitian ini adalah anak-anak berusia 4-5 tahun termasuk
dalam kelompok B di KB. Bhakti Ananda Sadeng Gunungpati Semarang yang
berjumlah 17 terdiri atas 9 anak laki-laki dan 8 anak perempuan.
Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa perkembangan kreativitas
peserta didik yang mengalami peningkatan. Pada siklus I peserta didik yang
Belum Berkembang mempunyai nilai persentase 30% sebanyak 6 anak, peserta
didik yang Mulai Berkembang 15% sebanyak 3 anak, peserta didik yang
Berkembang Sesuai Harapan 25% sebanyak 5 anak peserta didik yang
Berkembang Sangat Baik mempunyai nilai persentase 30% sebanyak 6 anak.
Sedangkan pada siklus II, peserta didik yang Belum Berkembang mengalami
jumlah yang sangat rendah dibanding pertemuan sebelumnya 0% artinya tidak ada
anak yang Belum Berkembang, Mulai Berkembang 5% sebanyak 1 anak,
Berkembang Sesuai Harapan 10% sebanyak 2 anak, dan peserta didik yang
Berkembang Sangat Baik mengalami peningkatan yang bertambah dan dapat
dikatakan berhasil karena telah sesuai dengan indikator tingkat pencapaian yakni
85% sebanyak 17 anak.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui
permainan melipat kertas origami dapat Mengembangkan kreativitas anak di KB.
Bhakti Ananda Sadeng Gunungpati.
Kata kunci : Kreativitas anak, melipat Origami

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 02:07
Last Modified: 18 Nov 2024 02:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7434

Actions (login required)

View Item
View Item