ASIH, SRI KARTIKA (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 ROWOSARI GUBUG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Sri Kartika Asih Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
SRI KARTIKA ASIH. NPM 15120388. “Keefektifan Model Pembelajaran
Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematika Siswa Kelas V SD”, Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Ratna Wahyu Pusari,SPd,M.Pd Pembimbing II Singgih Adhi
Prasetyo,S.Sn,M.Pd. September. 2019.
Latar belakang penelitian ini adalah hasil kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa yang masih rendah serta penggunaan model pembelajaran yang
kurang bervariatif menjadi alasan untuk peneliti melaksanakan penelitian di kelas
V SDN 1 Rowosari Gubug.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) nilai rata-rata
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V (2) Kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa yang diberi model pembelajaran RME
lebih baik dari sebelum diberi perlakuan.
Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian experimen dengan
desain Pre Experimental Design One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Rowosari Gubug. Sampel
yang diambil adalah 34 siswa dengan menggunakan teknik sampling purposive.
Instrumen yang digunakan instumen tes kemampuan pemecahan masalah
matematika dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan, analisis
kuantitatif uji t satu pihak kanan.
Hasil perhitungan didapatkan, nilai rata-rata kelas kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa kelas V SDN 1 Rowosari Gubug mencapai KKM 65
dengan dibuktikan dengan rata-rata nilai awal 34,12 menjadi 76,32 dan ketuntasan
belajar klasikal sebesar 0% menjadi 88,24%, terdapat peningkatan yang lebih
tinggi pada nilai postest daripada nilai pretest. Kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa lebih baik dari sebelumnya dengan thitung sebesar 12,358 > ttabel
sebesar 1,997. Jadi, model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME)
efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SD kelas V
SD.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) efektif terhadap
pemecahan masalah matematika siswa kelas V.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:05 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:05 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7433 |