BUDIYANTO, ANDI (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SAVI DAN TTW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA BERBANTU MACROMEDIA FLASH. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Andi Budiyanto.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat perbedaan
efektivitas model pembelajaran SAVI, TTW, dan pembelajaran konvensional
ditinjau kemampuan komunikasi matematis siswa berbantu macromedia flash.
(2) Apakah model pembelajaran SAVI ditinjau kemampuan komunikasi
matematis siswa berbantu Macromedia Flash lebih baik daripada pembelajaran
konvensional (3) Apakah model pembelajaran TTW ditinjau kemampuan
komunikasi matematis siswa berbantu Macromedia Flash lebih baik daripada
pembelajaran konvensional. (4) Apakah kemampuan komunikasi matematis
siswa berbantu Macromedia Flash menggunakan model pembelajaran SAVI
dan TTW mencapai tuntas KKM. (5) Apakah terdapat pengaruh keaktifan
dalam model pembelajaran SAVI dan TTW terhadap kemampuan komunikasi
matematis siswa berbantu Macromedia Flash. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan true experimental design. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa SMK Datuk Singaraja kelas X tahun pelajaran
2019/2020. Sampel yang diambil dengan menggunakan cluster random
sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,
observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis variansi satu jalur sel tak sama. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1)
Ada perbedaan antara siswa yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran
SAVI dan model pembelajaran TTW terhadap kemampuan komunikasi
matematis siswa berbantu Macromedia Flash dengan model pembelajaran
konvensional, (2) Siswa yang mendapat Pembelajaran Model SAVI terhadap
kemampuan komunikasi matematis siswa berbantu Macromedia Flash lebih
baik dari pada siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran
konvensional. (3) Siswa yang mendapat Pembelajaran Model TTW terhadap
kemampuan komunikasi matematis siswa berbantu Macromedia Flash lebih
baik dari pada siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran
konvensional. (4) Rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa berbantu
Macromedia Flash yang mendapat perlakuan model pembelajaran SAVI dan
viii
model pembelajaran TTW telah mencapai ketuntasan belajar klasikal maupun
individual. (5) Terdapat pengaruh positif antara keaktifan siswa berbantu
Macromedia Flash terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada
model pembelajaran SAVI dan TTW. Model pembelajaran SAVI dan TTW
berbantu Macromedia Flash dapat digunakan guru untuk meningkatkan
kemampuan komunikasi matematis siswa.
Kata kunci: Komunikasi Matematis, Macromedia Flash, TTW, SAVI.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:06 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:06 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7432 |