Rahmaningtyas, Farida (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN HIPPOCRATES – GALENUS SISWA SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Farida Rahmaningtyas.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa
yang ditinjau dari tipe kepribadian Hippocrates-Galenus siswa SMP. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data
dilakukan pada siswa SMP Negeri 22 Semarang kelas VII F pada tahun ajaran
2019/2020. Pemilihan subjek berdasarkan pada tipe kepribadian Hippocrates-
Galenus yaitu sanguinis, koleris, melancholis, dan phlegmatis. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan angket tipe
kepribadian, tes, wawancara serta dokumentasi untuk mengabadikan semua hal-hal
penting yang dilakukan saat penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini
yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Validasi
data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian dianalisis mengacu pada
indikator kemampuan koneksi matematis yaitu: 1) Menemukan hubungan dari
berbagai representasi tentang konsep dan prosedur matematika; 2) Memahami
hubungan antar topik dalam matematika; 3) Mampu menggunakan matematika
dalam
menyelesaikan
masalah
kehidupan
sehari-hari.
Hasil
penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Subjek sanguinis mampu memenuhi semua indikator; (2)
Subjek koleris mampu memenuhi indikator ke 1 dan 3; (3) Subjek melancholis
mampu memenuhi indikator ke 1 dan 2; (4) Subjek phlegmatis mampu memenuhi
indikator ke 1.
Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Koneksi Matematis, Tipe Kepribadian.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:05 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:05 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7431 |