PENGGUNAAN KONJUNGSI PADA TEKS AUTOBIOGRAFI KARANGAN PESERTA DIDIK KELAS X SMK TLOGOSARI SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020

HARDIYANTI, SRI (2020) PENGGUNAAN KONJUNGSI PADA TEKS AUTOBIOGRAFI KARANGAN PESERTA DIDIK KELAS X SMK TLOGOSARI SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SRI HARDIYANTI.pdf] Text
SRI HARDIYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Sri Hardiyanti. NPM I6410122. Penggunaan Konjungsi pada Teks
Autobiografi Karangan Peserta Didik Kelas X SMK Tlogosari Semarang Tahun
Ajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Dra. Ngatmini, M.Pd. dan Pembimbing II Azzah Nayla,
S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di
kelas X ketika magang 3 di SMK Tlogosari Semarang. Peserta didik kelas X banyak
yang belum dapat memproduksi teks dengan baik dan benar, peserta didik lebih
berorientasi pada hasil karyanya saja tanpa memperhatikan penggunaan konjungsi
yang baik dan benar. Berdasarkan observasi tersebut, peserta didik menulis karangan
berdasarkan ide yang ada dipikiran mereka, tanpa memperhatikan konjungsi yang
digunakan sehingga sering terjadi ketidakpaduan kalimat. Peserta didik kurang begitu
memperhatikan aturan penggunaan konjungsi dengan tepat, pengetahuan peserta
didik terhadap jenis-jenis dan penulisan konjungsi yang tepat masih minim.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan
konjungsi pada teks autobiografi karangan peserta didik kelas X SMK Tlogosari
Semarang? Adapun tujuan yang dicapai adalah untuk mendeskripsikan penggunaan
konjungsi pada teks autobiografi karangan peserta didik kelas X SMK Tlogosari
Semarang tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Populasi penelitian
ini adalah keseluruhan jumlah peserta didik kelas X sebanyak 180. Pengambilan
sampel penelitian ini menggunakan teknik sample random sampling dengan
penentuan sampelnya 25% dari jumlah populasi yaitu sabanyak 45 teks autobiografi.
Data penelitian ini adalah teks autobiografi karangan peserta didik kelas X SMK
Tlogosari Semarang tahun ajaran 2019/2020. Metode dan teknik pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan metode simak dan teknik catat. Metode dan teknik
analisis data ini menggunakan metode agih yang diwujudkan dengan dua tahap, yaitu
teknik dasar atau BUL (bagi unsur langsung) dan teknik lanjutan yaitu teknik ganti
dan teknik sisip. Teknik penyajian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode penyajian informal.
Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan konjungsi pada teks
autobiografi karangan peserta didik kelas X SMK Tlogosari Semarang tahun ajaran
2019/2020 meliputi; konjungsi subordinatif, konjungsi koordinatif, dan konjungsi
antarkalimat. Konjungsi subordinatif digunakan pada teks autobiografi karangan
peserta didik kelas X SMK Tlogosari Semarang tahun ajaran 2019/2020, yaitu
konjungsi subordinatif menyatakan penyebab terdiri dari karena, konjungsi
subordinatif menyatakan tujuan terdiri dari untuk, agar, dan supaya, konjungsi
subordinatif menyatakan waktu terdiri dari saat, setelah, sejak, semenjak, sewaktu,
ketika, dan sampai, konjungsi subordinatif menyatakan penyungguhan (konsesif)
terdiri
dari
meskipun
dan
walaupun,
konjungsi
subordinatif
menyatakan perbandingan terdiri dari seperti, konjungsi subordinatif menyatakan akibat terdiri
dari hingga dan sehingga, konjungsi subordinatif menyatakan penjelasan terdiri dari
bahwa, dan konjungsi subordinatif menyatakan cara terdiri dari dengan. Konjungsi
koordinatif yang digunakan pada teks autobiografi karangan peserta didik kelas X
SMK Tlogosari semarang tahun ajaran 2019/2020, yaitu konjungsi koordinatif
menyatakan penambahan terdiri dari dan dan serta, konjungsi koordinatif
menyatakan pemilihan terdiri dari atau, konjungsi koordinatif menyatakan
pertentangan terdiri dari tetapi dan sedangkan, konjungsi koordinatif menyatakaan
penyamaan terdiri dari adalah dan yaitu, konjungsi koordinatif menyatakan
pengurutan terdiri dari lalu dan kemudian, dan konjungsi koordinatif menyatakan
pembatasan terdiri dari hanya. Konjungsi antarkalimat yang digunakan pada teks
autobiografi karangan peserta didik kelas X SMK Tlogosari Semarang tahun ajaran
2019/2020, yaitu konjungsi antarkalimat menyatakan penambahan terdiri dari jadi,
maka dari itu, dan oleh karena itulah, konjungsi antarkalimat menyatakan
pertentangan terdiri dari namun, konjungsi antarkalimat menyatakan pengurutan
terdiri dari selain itu, dan konjungsi antarkalimat menyatakan pembatasan terdiri dari
setelah itu dan selanjutnya.
Hasil penelitian ini yaitu penggunaan konjungsi paling banyak ditemukan pada
konjungsi subordinatif, penggunaan konjungsi yang cukup banyak ditemukan pada
konjungsi koordinatif, penggunaan konjungsi yang paling jarang ditemukan adalah
konjungsi antarkalimat, dan konjungsi yang tidak ditemukan pada teks autobiografi
karangan peserta didik kelas X SMK Tlogosari Semarang tahun ajaran 2019/2020
adalah konjungsi korelatif. Pada teks autobiografi karangan peserta didik kelas X
SMK Tlogosari Semarang Tahun Ajaran 2019/2020 terdapat 101 penggunaan
konjungsi yang benar dan 18 kesalahan penggunaan konjungsi (9 kesalahan
penggunaan konjungsi dan, 2 kesalahan penggunaan konjungsi lalu, 3 kesalahan
konjungsi kemudian, 1 kesalahan konjungsi supaya, 1 kesalahan penggunaan bahkan,
1 kesalahan penggunaan konjungsi sementara, dan 1 kesalahan penggunaan
konjungsi
hanya…tetapi
juga).
Berdasarkan
perhitungan
persentase
maka
penggunaan konjungsi benar sebanyak 84,88% terdiri dari konjungsi subordinatif
sebanyak 51,48%, konjungsi koordinatif sebanyak 40,60%, dan konjungsi
antarkalimat sebanyak 7,92% serta kesalahan penggunaan konjungsi sebanyak
15,12%.
Kesalahan penggunaan konjungsi yang terdapat pada teks autobiografi
kerangan peserta didik kelas X SMK Tlogosari Semarang tahun ajaran 2019/2020
terjadi karena penambahan atau penggunaan konjungsi berlebihan dan salah formasi.
Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa masih terdapat kesalahan
penggunaan konjungsi pada teks autobiografi karangan peserta didik kelas X SMK
Tlogosari Semarang tahun ajaran 2019/2020. Hendaknya guru tetap memberikan pemahaman tentang penggunaan konjungsi
yang baik dan benar sesuai kaidahnya dalam menulis sebuah teks agar karangan
peserta didik menjadi lebih efektif serta memberitahu tentang kesalahan dalam
menggunakan konjungsi. Peserta didik hendaknya selalu memperhatikan penggunaan
konjungsi yang tepat, baik dan benar dalam menulis sebuah teks. Penggunaan
konjungsi yang baik dan benar sangat mempengaruhi makna kalimat dari tulisan
tersebut.
Kata kunci: Penggunaan konjungsi dan teks autobiografi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 02:03
Last Modified: 18 Nov 2024 02:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7430

Actions (login required)

View Item
View Item