BAHAN AJAR MENGIDENTIFIKASI CERPEN BERMUATAN NILAI TOLERANSI BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ROHMAH, SOFI LAILATU (2020) BAHAN AJAR MENGIDENTIFIKASI CERPEN BERMUATAN NILAI TOLERANSI BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SOFI LAILATU ROHMAH.pdf] Text
SOFI LAILATU ROHMAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Cerpen merupakan salah satu materi dalam standar kompetensi yang harus
dikuasai oleh peserta didik kelas VIII di SMP. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
rendahnya minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran cerpen yang
dikarenakan oleh keterbatasan bahan ajar, baik dari sagi jumlah maupun
materinya. Selama ini, bahan ajar yang digunakan masih monoton. Selain itu,
materi yang disajikan belum sepenuhnya mencapai kompetensi dasar, kurang
runtut, dan kurang sesuai dengan perkembangan peserta didik. Berdasarkan hal
itu, diperlukan pengembangan bahan ajar untuk pembelajaran cerpen.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bahan ajar
mengidentifikasi cerpen bermuatan nilai toleransi beragama pada peserta didik
kelas VIII di MTs Salafiyah II Randublatung dan bagaimana hasil uji coba
terbatas bahan ajar cerpen bermuatan nilai toleransi beragama pada peserta didik
kelas VIII di MTs Salafiyah II Randublatung. Adapun tujuan penelitiannya adalah
untuk mendeskripsikan bahan ajar mengidentifikasi cerpen bermuatan nilai
toleransi beragama pada peserta didik kelas VIII di MTs Salafiyah II
Randublatung dan mendeskripsikan hasil uji cobanya.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Devrlopment (R&D)
yang merujuk pada Borg and Gall (2003). Penelitian ini menggunakan lima
langkah penyederhanaan penelitian, yaitu 1) pengumpulan informasi, 2)
pengembangan produk, 3) uji validasi produk, 4) revisi produk, dan 5) uji coba
produk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validasi bahan ajar oleh dosen ahli,
guru Bahasa Indonesia, dan uji coba terbatas peserta didik pada keseluruhan aspek
bahan ajar memperoleh skor rata-rata 3.26 dengan kategori “sangat baik”,
sedangkan presentase kelayakan bahan ajar diperoleh 81.50%. Berdasarkan hal
itu, bahan ajar ini dinyatakan valid dan layak untuk digunakan. Diharapkan ke
depannya bahan ajar ini dapat digunakan untuk pembelajaran peserta didik dan
akan ada pengembangan bahan ajar serupa di masa yang akan datang.
Kata kunci: Bahan Ajar, Mengidentifikasi Cerpen, Nilai Toleransi Beragama

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 11 Nov 2024 02:29
Last Modified: 11 Nov 2024 02:29
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7413

Actions (login required)

View Item
View Item