KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS EKSPOSISI BERBASIS MEDIA TELEVISI PADA SISWA KELAS VII SMP IT DAARUT TAHFIDZ TAHUN PELAJARAN 2019/2020

PRIHATANI, ANANTIKA (2020) KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS EKSPOSISI BERBASIS MEDIA TELEVISI PADA SISWA KELAS VII SMP IT DAARUT TAHFIDZ TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANANTIKA PRIHATANI.pdf] Text
ANANTIKA PRIHATANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Anantika Prihatani. 15410228. Kemampuan Menyusun Teks
Eksposisi Berbasis Media Televisi pada Siswa Kelas VII SMP IT
Daarut Tahfidz Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi Fakultas
Pendidikan
Bahasa
dan
Seni
Universitas
PGRI
Semarang.
Pembimbing I Dr. Asropah, M.Pd., dan Pembimbing II Dra. HR.
Utami, M. Hum. Oktober 2020.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran menulis teks
eksposisi pada siswa kelas VII SMP IT Daarut Tahfidz yang masih
rendah. Melihat kondisi seperti ini perlu diupayakan penggunaan
media tertentu untuk meningkatkan pembelajaran menulis teks
eksposisi. Media yang diterapkan adalah televisi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana
kemampuan menyusun teks eksposisi berbasis media televisi pada
siswa kelas VII SMP IT Daarut Tahfidz pada tahun pelajaran
2019/2020? Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan
kemampuan menyusun teks eksposisi berbasis media televisi pada
siswa kelas VII SMP IT Daarut Tahfidz pada tahun pelajaran
2019/2020.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah expost
facto dengan menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes. Untuk
mengumpulkan data yang diperoleh digunakan hasil data penelitian
dari hasil portopolio siswa yaitu menulis teks eksposisi.
Berdasarkan hasil siswa kelas VII SMP IT Daarut Tahfidz
tahun pelajaran 2019/2020 dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki
kemampuan menyusun teks eksposisi dengan media televisi. Media
televisi lebih menarik dibanding dengan media lainnya dan dapat
membantu siswa memahami untuk menyusun teks eksposisi secara
runtut. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru hendaknya
menggunakan perpaduan media alternatif untuk menciptakan suasana
belajar yang nyaman dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap
materi/konsep.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 11 Nov 2024 02:30
Last Modified: 11 Nov 2024 02:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7411

Actions (login required)

View Item
View Item