Akbar, Farich (2020) PENGARUH GAYA BELAJAR, WAKTU PEMBELAJARAN DAN SUASANA KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Farich Akbar.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif survey yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh Gaya Belajar, Waktu Pembelajaran dan Suasana Kelas
terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa di SMA Semarang. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Stuctural Equation Modeling. Variabel laten
dalam penelitian ini adalah Gaya Belajar (X1), Waktu Pembelajaran (X2), Suasana
Kelas (X3) dan Motivasi Belajar Matematika Siswa (Y1) sedangkan variabel
teramati dalam penelitian ini adalah semua indikator dari masing-masing variabel
laten. Penentuan sampel menggunakan tekanik purposive samplingi yang
melibatkan 351 siswa sebagai sampel. Dalam penelitian diperoleh model yang baik
dengan menghapus 23 variabel teramati dan melakukan penambahan kovarian
diantara dua variabel teramati. Estimasi dilakukan sebanyak 4 kali yang dapat
disimpulkan bahwa gaya belajar dan suasana kelas tidak memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap motivasi belajar matematika siswa sedangkan waktu
pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar
matematika siswa. Model menunjukkan parameter koefisien pengaruh sebesar -
0,09 untuk gaya belajar terhadap motivasi belajar matematika siswa, 0,22 untuk
waktu pembelajaran terhadap motivasi belajar matematika siswa dan 0,12 untuk
suasana kelas terhadap motivasi belajar matematika siswa. Dari hasil estimasi juga
dapat disimpulkan bahwa gaya belajar, waktu pembelajaran dan suasana kelas
memiliki pengaruh yang sigifikan sebesar 8,8% terhadap motivasi belajar
matematika siswa.
Kata kunci : Gaya Belajar; Waktu Pembelajaran; Suasana Kelas; Motivasi Belajar
Matematika.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 02:20 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 02:20 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7410 |