HANDAYANI, AJENG SRI (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN BAHAYA CYBER GROOMING PADA SISWA KELAS X JURUSAN PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK DAN GIM SMK NEGERI 2 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AJENG SRI HANDAYANI 19110111.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
AJENG SRI HANDAYANI, NPM 19110111 “Pengaruh Layanan Bimbingan
Klasikal Dengan Metode Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Bahaya
Cyber Grooming Pada Siswa Kelas X Jurusan Pengembangan Perangkat Lunak
Dan Gim SMK Negeri 2 Semarang” Skripsi. Program Studi Pendidikan
Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
2023. Dosen Pembimbing 1 Ibu Dr. Dini Rakhmawati, S.Pd., M.Pd dan Dosen
Pembimbing 2 Ibu Ismah, S.Ag., M.Pd.
Penelitian Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Metode Problem Based
Learning Terhadap Pemahaman Bahaya Cyber Grooming Pada Siswa Kelas X
Jurusan Pengembangan Perangkat Lunak Dan Gim SMK Negeri 2 Semarang
dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman siswa mengenai risiko dan filter
pertemanan dalam penggunaan sosial media yang rendah, kemudian kurangnya
pemahaman siswa mengenai ciri-ciri kekerasan seksual khususnya cyber
grooming yang masih sangat minim sehingga menimbulkan peluang terjadinya
kekerasan seksual yang tanpa mereka sadari. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan metode problem based
learning terhadap pemahaman bahaya cyber grooming pada siswa kelas X jurusan
Pengembangan Perangkat Lunak Dan Gim SMK Negeri 2 Semarang. Penelitian
ini menggunakan penelitian kuantitatif, metode Pre-Experimental dengan model
One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini yaitu 36 siswa
kelas X PPLG 1 dan 35 siswa kelas X PPLG 2, diambil menggunakan teknik
sampling jenuh. Alat pengumpulan data yang dipergunakan adalah skala cyber
grooming. Hasil uji hipotesis diperoleh hasil t
hitung = 11,977, t
tabel = 2,032 dengan
taraf signifikansi 5% (0,05). Hal tersebut menunjukan bahwa t
hitung 11,977 > t
tabel
2,032. Maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh yang
signifikan layanan bimbingan klasikal dengan metode problem based learning
terhadap pemahaman bahaya cyber grooming pada siswa kelas X Jurusan
Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim SMK Negeri 2 Semarang” diterima
kebenarannya pada taraf signifikansi 5%. Dapat disimpulkan bahwa layanan
bimbingan klasikal dengan metode problem based learning berpengaruh terhadap
pemahaman bahaya cyber grooming.
Kata kunci: bimbingan klasikal, problem based learning, cyber grooming.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 06:36 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 06:36 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/741 |