IMPLEMENTASI NILAI – NILAI KARAKTER SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SMASEDERAJAT SE-KECAMATAN SEMARANG BARAT DI MASA PANDEMI COVID-19

Presiden, Ananda Vian Saleh (2021) IMPLEMENTASI NILAI – NILAI KARAKTER SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SMASEDERAJAT SE-KECAMATAN SEMARANG BARAT DI MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANANDA VIAN.pdf] Text
ANANDA VIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Ananda Vian Saleh Presiden. NPM 17230001. “Implementasi Nilai – Nilai
Karakter Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Jasmani SMA Sederajat Se- Kecamatan
Semarang Barat Di Masa Pandami Covid-19”, Progam Studi Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahauan Sosial dan
Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan penliti tentang implementasi
nilai – nilai karakter siswa pada pelajaran pendidikan jasmani SMA yang
disebabkan keraguan peneliti terhadap implementasi nilai karakter siswa pada
pelajaran pendidikan jasmani. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil
implementasi nilai – nilai karakter siswa pada pelajaran pendidikan jasmani SMA
Sederajat di kecamatan Semarang Barat. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif.
Lokasi penelitian adalah SMA Negeri 06 Semarang, SMK Penerbangan Semarang, dan
SMA Kesatrian 01 Semarang. Tehnik sampling pada penelitian ini menggunakan sampling
purposif dimana peneliti menentukan kriteria mengenai responden yang dipilih sebagai
sempel. Informan dalam penelitian tiap sekolah ini adalah 1 Waka bidang Kesiswaan, 1
guru Pendidikan Jasmani, dan 5 siswa kelas XII. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Analisis yang
dilakukan menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama guru menambahkan kegiatan
pembelajaran dengan desain yang dapat menanamkan nilai karakter pada siswa
seperti menggunakan metode yang mendukung penanaman nilai – nilai karakter
bagi peserta didik. Kedua, penanaman nilai – nilai karakter dalam proses belajar
mengajar pada pembelajaran pendidikan jasmani SMA sederajat se- kecamatan
Semarang Barat di masa pandemi Covid-19 sudah berjalan dengan baik. Pihak
sekolah selalu berupaya dalam menanamkan nilai karakter kepada siswa. Nilai
karakter tersebut meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif,
mandiri, demokratis, rasa ingin tau, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli
sosial, cinta damai dan tanggung jawab. Ketiga, kendala yang dihadapi guru yaitu
kendala dari dalam dan dari luar. Dalam mengatasi kendala tersebut guru
melakukan pendekatan terhadap peserta didik. Perlu diadakanya penelitian lanjutan
mengenai implementasi nilai – nilai karakter siswa pada pelajaran pendidikan
jasmani SMA sederajat se-kecamatan Semarang Barat di masa pandemi Covid-19
sehingga dapat lebih berkembang untuk menanamkan nilai karakter siswa pada
proses pembelajaran tersebut.
Kata kunci: Implementasi, Nilai – Nilai Karakter, Pendidikan Jasmani, Pandemi
Covid-19.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 11 Nov 2024 02:13
Last Modified: 11 Nov 2024 02:13
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7408

Actions (login required)

View Item
View Item