PENERAPAN MEDIA WAYANG KARDUS DALAM PEMBELAJARANMENULIS TEKS ANEKDOT PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

WIJAYAK, SLAMET (2019) PENERAPAN MEDIA WAYANG KARDUS DALAM PEMBELAJARANMENULIS TEKS ANEKDOT PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SLAMET WIJAYAK.pdf] Text
SLAMET WIJAYAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Slamet Wijayak NPM 15410273.Penerapan Media Wayang Kardus
Dalam Pembelajaran Teks Anekdot Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah
Tawangharjo Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi Fakultas
Pendidikan Bahasa dan SeniUniversitas PGRI Semarang. Pembimbing I Agus
Wismanto, S.Pd., M.Pd. dan pembimbing II Mukhlis, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Wayang Kardus, Teks Anekdot
Penelitian ini di latarbelakangi oleh keterampilan berbahasa yang masih
rendah di bawah rata-rata pada peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah
Tawangharjo Kabupaten Grobogan, khususnya keterampilan menentukan teks
anekdot. Dengan demikian perlu diupayakan penerapan media pembelajaran
tertentu untuk meningkatkan keterampilan dan menambah minat dalam
menwentukan teks anekdot peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah
Tawangharjo Kabupaten Grobogan yaitu dengan menerapkan media pembelajaran
wayang kardus.
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan media
wayang kardus dalam pembelajaran menulis teks anekdot peserta didik kelas X
SMA Muhammadiyah Tawangharjo Kabupaten Grobogan tahun pelajaran
2019/2020? Adapun tujuan untuk untuk memaparkan mengenai penerapan media
wayang kardus dalam pembelajaran menulis teks anekdot peserta didik kelas X
SMA Muhammadiyah Tawangharjo Kabupaten Grobogan tahun pelajaran
2019/2020. Teknik penilaian penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik
tes yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal menentukan struktur teks
anekdot dengan mengunakan media wayang kardus untuk diperhatikan peserta
didik. Sedangkan teknik non tes diperoleh dengan cara observasi dengan
pengamatan langsung selama proses pembelajaran sesuai dengan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran yaitu adanya kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan
penutup. Ada juga wawancara dengan guru dan peserta didik. Berdasarkan teknik
tes dan non tes dalam penerapan media wayang kardus dalam pembelajaran
menulis teks anekdot peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Tawangharjo
Kabupaten Grobogan tahun Pelajaran 2019/2020. Membuat peserta didik tertarik
dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil
menentukan struktur teks anekdot dengan nilai rata-rata peserta didik yang
mencapai 80-100, dengan demikian sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal
yang ditentukan, ditambah reaksi peserta didik saat pembelajaran berlangsung.
Saran dalam penelitian ini adalah guru perlu memilih dan memberikan
media atau model pembelajaran yang kretif, serta dapat menciptakan suasana
pembelajaran yang menyenangkan peserta didik harus lebih memperhatikan
pembelajaran, meningkatkan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 11 Nov 2024 02:04
Last Modified: 11 Nov 2024 02:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7406

Actions (login required)

View Item
View Item