SULISETYOWATI, RETNO (2020) ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS PADA KARANGAN TEKS BIOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 15 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwa dalam karangan
teks biografi yang dibuat oleh peserta didik kelas X SMA Negeri 15 Semarang
terdapat kesalahan berbahasa, khususnya kesalahan pada tataran frasa dan
kesalahan pada tataran kalimat. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis
kesalahan. Kesalahan dalam karangan teks biografi tersebut termasuk dalam
kesalahan berbahasa tataran sintaksis
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk
kesalahan sintaksis pada karangan teks biografi peserta didik kelas X SMA Negeri
15 Semarang tahun pelajaran 2018/2019? Adapun tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan bentuk kesalahan sintaksis pada karangan teks biografi peserta
didik kelas X SMA Negeri 15 Semarang tahun pelajaran 2018/2019.
Metode dan teknik penyediaan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode simak dan teknik catat. Data yang sudah didapatkan kemudian
dianalisis dengan menggunakan metode agih dengan teknik dasar bagi unsur
langsung dan empat teknik lanjutan, yaitu teknik lesap, teknik ganti, teknik sisip,
dan teknik ubah ujud. Penyajian hasil analisis data dilakukan dengan
menggunakan metode penyajian informal dan metode penyajian formal.
Penggunaan kata-kata biasa dan penggunaan tanda dan lambang-lambang
merupakan teknik hasil penjabaran metode penyajian tersebut.
Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa terdapat
kesalahan sintaksis dalam tataran frasa dan kesalahan sintaksis dalam tataran
kalimat pada karangan teks biografi peserta didik kelas X SMA Negeri 15
Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Kesalahan sintaksis dalam tataran frasa
disebabkan oleh adanya pengaruh bahasa daerah, penggunaan preposisi yang tidak
tepat, susunan kata yang tidak tepat, penggunaan unsur yang berlebihan atau
mubazir, dan penggunaan bentuk superlatif yang berlebihan. Kesalahan sintaksis
dalam tataran kalimat disebabkan oleh kalimat tidak bersubjek, kalimat tidak
berpredikat, kalimat tidak bersubjek dan tidak berpredikat atau kalimat buntung,
penggandaan subjek, kalimat yang ambiguitas, penghilangan konjungsi,
penggunaan konjungsi yang berlebihan, urutan yang tidak paralel, penggunaan
istilah asing, dan penggunaan kata tanya yang tidak perlu.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah bahwa guru perlu memberikan
penjelasan yang lebih mendalam terhadap kesalahan-kesalahan yang dilakukan
oleh peserta didik pada setiap karangannya. Selain itu, peserta didik juga harus
mendengarkan penjelasan guru dengan saksama sehingga kesalahan bahasa yang
sama tidak terulang lagi. Saran lainnya adalah bahwa faktor-faktor kesalahan
berbahasa yang belum dibahas dalam penelitian ini perlu dibahas pada penelitian
selanjutnya sebagai kebaruan.
Kata kunci: kesalahan sintaksis, karangan teks biografi, frasa, kalimat
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 02:04 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 02:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7405 |