KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETHNOMATHEMATICS MATERI BANGUN DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN PASUCEN 02

HASANAH, USWATUN (2020) KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETHNOMATHEMATICS MATERI BANGUN DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN PASUCEN 02. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_USWATUN HASANAH_16120501.pdf] Text
SKRIPSI_USWATUN HASANAH_16120501.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

USWATUN HASANAH. NPM 16120501. “Keefektifan Model Discovery
Learning Berbasis Ethnomathematics Materi Bangun Datar Terhadap Hasil
Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN Pasucen 02”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. 2020.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model discovery
learning berbasis ethnomathematics materi bangun datar terhadap hasil belajar
peserta didik kelas IV SDN Pasucen 02 Kabupaten Pati. Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain one group
pretest-posttest design. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas,
uji banding, dan uji ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data
berdistribusi normal. Hasil penelitian uji-T diperoleh t hitung 18,06 > t tabel 1,69
dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 ,maka Ha diterima. Artinya terdapat
perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik materi bangun datar antara sebelum
dan sesudah menggunakan model discovery learning berbasis ethnomathematics.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes rata-rata hasil belajar peserta didik
dengan menggunakan model discovery learning berbasis ethnomathematics
adalah 69,00 lebih baik dibanding rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum
menggunakan model discovery learning berbasis ethnomathematics yaitu 40,42.
Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik menggunakan model discovery learning
berbasis ethnomathematics melampaui KKM 65 dengan proporsi peserta didik
yang tuntas 82,86%. Dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbasis
ethnomathematics efektif digunakan terhadap hasil belajar materi bangun datar
pada peserta didik kelas IV SDN Pasucen 02.
Kata kunci: Model Discovery Learning, Ethnomathematics, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 11 Nov 2024 01:52
Last Modified: 11 Nov 2024 01:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7394

Actions (login required)

View Item
View Item