ERVIANA, MEIDA ROHMA (2020) KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BATIK TULIS DALAM MENANAMKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DI SD NEGERI TLOGOSARI KULON 06 PEDURUNGAN SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
MEIDA ROHMA ERVIANA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
MEIDA ROHMA ERVIANA. NPM 16120323 “Kegiatan Ekstrakurikuler membatik
dalam menanamkan karakter cinta tanah air di SD Negeri Tlogosari Kulon 06
Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Husni Wakhyudin, S.Pd., M.Pd dan Ferina
Agustini, S.Pd., M.Pd. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah mulai lunturnya nilai
karakter cinta tanah air pada siswa dan memandang budaya batik hanya sebelah mata.
Karakter cinta tanah air merupakan sebuah ungkapan yang berarti kecintaan pada
negeri tempat menjalani kehidupan dari lahir sampai akhir hayat.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kegiatan ekstrakurikuler
batik tulis di SDN Tlogosari Kulon 06? 2) Bagaimana langkah-langkah kegiatan
ekstrakurikuler batik tulis terkait penanaman karakter cinta tanah air di SDN Tlogosari
Kulon 06? 3) Bagaimana dampak penanaman karakter cinta tanah air dalam kegiatan
ekstrakurikuler batik tulis bagi siswa SDN Tlogosari Kulon 06? Tujuan yang hendak
dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kegiatan ekstrakurikuler batik tulis
bagi siswa SDN Tlogosari Kulon 06, mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan
ekstrakurikuler batik tulis terkait penanaman karakter cinta tanah air di SDN Tlogosari
Kulon 06, dan mendeskripsikan dampak menanamkan karakter cinta tanah air melalui
kegiatan ekstrakurikuler batik tulis bagi siswa SDN Tlogosari Kulon 06.
Jenis penelitian kualitatif deskriptif, Subjek penelitian adalah semua peserta didik
kelas V SD Negeri Tlogosari Kulon 06 Semarang. Data yang dikumpulkan dengan
metode wawancara, angket/ kuisioner dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh yakni: 1) pendekatan penanaman karakter cinta
tanah air melalui kegiatan ekstrakurikuler membatik yakni dengan keteladanan,
pemberdayaan dan pembudayaan, serta penguatan. 2) Langkah-langkah kegiatan
ekstrakurikuler membatik terkait penanaman karakter cinta tanah air. Nilai-nilai
tersebut terkandung secara implisit dan eksplisit. Nilai-nilai yang dimaksud mengacu
pada indikator karakter cinta tanah air di sekolah dan kelas. 3) Dampak penanaman
karakter cinta tanah air melalui kegiatan ekstrakurikuler membatik adalah secara garis
besar dampaknya siswa tumbuh perasaan senang untuk mempelajari seni batik, tumbuh
perasaan bangga, peduli terhadap seni batik.
Saran yang dapat disampaikan bagi kepala sekolah yakni sekolah sebaiknya
memfasilitasi alat membatik. Disamping itu hendaknya disediakan ruangan khusus
untuk ekstrakurikuler membatik. Bagi guru yakni guru sebaiknya menyempurnakan
pembelajaran sesuai dengan prosedur pembelajaran yang tepat. Bagi peserta didik
diharapkan lebih disiplin saat kegiatan membatik dan lebih meningkatkan dan
mengembangkan karakter melalui kegiatan yang menjadi kebiasaannya baik di sekolah
maupun di rumah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 01:56 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 01:56 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7391 |