KUSTIANINGRUM, ANA (2020) “PERANAN METODE IQRO’ PADA KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ANA KUSTIANINGRUM.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (783kB)
Abstract
ANA KUSTIANINGRUM. NPM. 17159002. “Peranan Metode Iqro’ Pada
Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Pada masa anak-anak
harus mulai diperkenalkan pada pendidikan Al-Qur'an dengan tahap dasar
pengenalan huruf hijaiyah pada anak, metode pembelajaran membaca Al-Qur’an
telah banyak dikembangkan untuk memudahkan membaca dan mempelajari Al-
Qur’an khususnya bagi usia anak-anak yang relatif harus benar-benar menjadi
perhatian kalangan guru di lembaga-lembaga pendidikan. Untuk mendukung
pembelajaran baca tulis al-Qur’an di perlukan sebuah model atau metode
pembelajaran untuk mempermudah peserta didik dalam belajar membaca al-
Qur’an. Fokus media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini terutama
dalam membaca Alquran adalah metode iqro’. Dengan metode iqro’ diharapkan
lebih memudahkan guru dalam mengenalkan huruf hijaiyah hingga tahap
membaca Al-qur’an pada anak.
Permasalahan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan
Metode Iqro’ Pada Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode Penelitian
kepustakaan atau kajian literatur (literature review, literature research). Tehnik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi yaitu mencari data
mengenai hal-hal atau variabel catatan, buku, makalah, artikel, jurnal dan
sebagainya.
Hasil pengumpulan sumber jurnal dapat disimpulkan, bahwa Metode Iqro
keunggulannya terletak pada kecepatan dan kepraktisannya dalam pengenalan
huruf hijaiyah. Kelemahan pada metode Iqro adalah santri tidak mengenali huruf
hijaiyah (nama aslinya) dikarenakan pengenalan huruf hijaiyah pada metode Iqro
langsung dikenalkan dengan harakatnya. Peranan metode Iqro’ pada kemampuan
membaca Al-Qur’an anak, dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah
metode yang digunakan guru dalam pembelajaran. Guru harus mampu memilih
metode yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Penggunaan metode yang
tepat oleh seorang guru dalam mengajarkan membaca Alquran, maka akan
memberikan pengaruh yang sangat besar pula terhadap efektifitas pembelajaran
dan implikasinya terhadap kemampuan siswa dalam membaca Alquran. Sehingga
diharapkan dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur’an agar lebih mudah
memahami dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an anak dengan
menggunakan metode iqra’.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya
model pembelajaran dengan menggunakan metode Iqro’ dapat digunakan sebagai
salah satu alternatif guru dalam mengajar membaca Al- Qur’an anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 01:50 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 01:50 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7390 |