WAHYUNINGSIH, DWI MARTATIK (2020) ANALISIS KEGIATAN MENGANYAM UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI_DWI MARTATIK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (844kB)
Abstract
DWI MARTATIK WAHYUNINGSIH. NPM 16150059. “Analisis Kegiatan
Menganyam Untuk Menstimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Di Taman
Kanak-Kanak”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia
Dini Fakultas Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang. UNIVERSITAS
PGRI Semarang, 2020.
Latar belakang dari masalah ini adalah rendahnya kemampuan motorik halus pada
anak, yang dibuktikan dengan masih banyaknya anak yang belum maksimal
dalam kegiatan menggunting dan menempel. Hal tersebut akan berdampak negatif
terhadap motorik khususnya motorik halus anak, karena kurangnya koordinasi
mata dan tangan. Salah satu upaya yang diharapkan mampu untuk meningkatkan
motorik halus pada anak yang dilakukan adalah dengan kegiatan menganyam.
Diharapkan melalui kegiatan menganyam ini mampu meningkatkan kemampuan
motorik halus pada anak sejak dini. Metode yang digunakan penulis dalam artikel
ini yaitu studi literatur. Tujuan dari penulisan artikel ini diharapkan mampu
menambah wawasan pembaca tentang cara meningkatkan kemampuan motorik
halus pada anak usia dini. Dengan kegiatan tersebut secara tidak langsung guru
telah memperkenalkan budaya seni kepada anak usia dini di jenjang taman kanak-
kanak. Hasil dari studi yang dilakukan adalah kegiatan menganyam dapat
meningkatkan motorik halus pada anak yang dilakukan melalui latihan secara
rutin dan berulang-berulang. Kegiatan menganyam dapat dilakukan dengan
menggunakan berbagai media, seperti kertas, daun pisang, pita, dan sebagainya.
Kata kunci : Motorik halus, Menganyam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 01:40 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 01:40 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7381 |