PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH MENGGUNAKAN MODEL TGFU (TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING) PADA PEMBELAJARAN BOLA VOLI SISWA KELAS V MI MIFTAHUSH SHIBYAN 02 GENUK KOTA SEMARANG

Khamdi, Asief Shofwan (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH MENGGUNAKAN MODEL TGFU (TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING) PADA PEMBELAJARAN BOLA VOLI SISWA KELAS V MI MIFTAHUSH SHIBYAN 02 GENUK KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_ASIEF SHOFWAN KHAMDI_15230244 pdf.pdf] Text
SKRIPSI_ASIEF SHOFWAN KHAMDI_15230244 pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Asief Shofwan Khamdi. NPM. 15230244. “Peningkatan Hasil Belajar
Passing
Bawah
Menggunakan
Model
TGFU
(Teaching
Games
For
Understanding) Pada Pembelajaran Bola Voli Siswa Kelas V MI Miftahush
Shibyan 02 Genuk Kota Semarang”. Skripsi. Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang 2020.
Pembimbing I Tubagus Herlambang, S.Pd., M.Pd dan pembimbing II Fajar Ari
Widiyatmoko, S.Pd., M.Pd.
Materi bola voli merupakan salah satu materi dalam pembelajaran
pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, kemampuan guru dalam memilih
model pembelajaran yang tepat menentukan hasil belajar passing bawah dalam
bola voli. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui “keefektifan model
pembelajaran TGFU (Teaching Games For Understanding) terhadap hasil belajar
passing bawah pada pembelajaran bola voli kelas V MI Miftahush Shibyan 02
Genuk Kota Semarang”.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen.
Desain penelitian ini adalah True Experimental Design Pretest-Posttest Control
Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
probability sampling jenis cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas,
yaitu VA sebagai kelas (eksperimen) menggunakan model pembelajaran Teaching
Games for Understanding (TGFU) jumlah siswa sebanyak 29 dan VB sebagai
kelas (kontrol) menggunakan model pembelajaran Saintific Learning dengan
jumlah siswa sebanyak 29. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas,
homogenitas, dan uji-t yang diolah dengan bantuan Microsoft Excel.
Hasil penelitian pretest dan posttest menunjukkan adanya perbedaan rata-
rata hasil belajar pretest 66,414 dan posttest 77,621 meningkat 10%. Berdasarkan
hasil Uji t diketahui (-7,785) dan sig (p) = 0,000 < 0,005).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teaching
Games for Understanding efektif tmeningkatkan hasil belajar bola voli pada siswa
kelas V MI Miftahush Shibyan 02 Genuk. Saran dalam penelitian ini adalah
model pembelajaran Teaching Games For Understanding (TGFU) dapat
digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci : Hasil Belajar, Passing Bawah, Teaching Games For Understanding,
Bola Voli.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Nov 2024 03:22
Last Modified: 07 Nov 2024 03:22
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7373

Actions (login required)

View Item
View Item