ANALISIS GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI 1 TRIHARJO KECAMATAN GEMUH KABUPATEN KENDAL

BUDIYANTI, FAJAR AYU (2020) ANALISIS GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI 1 TRIHARJO KECAMATAN GEMUH KABUPATEN KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Fajar Ayu Budiyanti.pdf] Text
Fajar Ayu Budiyanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

FAJAR AYU BUDIYANTI. NPM 15120098. “Analisis Gerakan Literasi
Sekolah Di SD Negeri 1 Triharjo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Iin
Purnamasari, S.Pd.,M.Pd, Pembimbing II Veryliana Purnamasari.S.Pd.,M.Pd.
2019.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Gerakan Literasi
Sekolah di SD Negeri 1 Triharjo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal sudah
berjalan tetapi belum terlaksana dengan baik. Seperti pemanfaatan pojok baca
yang belum dimanfaatkan dengan baik serta antusias anak berkunjung
keperpustakaan yang kurang.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Gerakan Literasi
Sekolah di SD Negeri 1 Triharjo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal. Tujuan
dalam penelitian ini diharapkan dari penelitian ini dapat mengAnalisis Gerakan
Literasi Sekolah Di SD Negeri 1 Triharjo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal.
Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan
mengambil data sesuai dengan fakta dilapangan. Data yang diperoleh dianalisis
dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Dengan menggunakan metode observasi,
wawancara, angket, dokumentasi, subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri 1
Triharjo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal.
Hasil penelitian menjukan bahwa Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri 1
Triharjo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal sudah berjalan dengan baik
diketahui dari pengamatan observasi yang dilakukan di kelas I sampai dengan
kelas VI dan penyebaran angket di kelas III, IV, dan V. Gerakan Literasi Sekolah
di SD Negeri 1 Triharjo sudah melakukan pembiasaan baik rata-rata skor 68,00%,
untuk sarana dan prasarana sudah digunakan dengan sangat baik dengan skor
89,90% untuk penyediaan dan keikut sertaaan siswa dalam kegiatan membiasaan
membaca sudah sangat baik dengan skor 87,20%. Dalam kegiatan pembiasaan
membaca 15 menit sebelum pembelajaran pada saat ini sedang dalam tahap
pembiasaan. guru masih ikut andil dalam kegiatan pelaksanaan Gerakan Literasi
Sekolah. untuk siswa kelas tinggi ada kegiatan membaca safari di SD N 1
Triharjo.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disimpulkan adalah keberhasilan
kegiatan Gerakan Literasi Sekolah dapat melalui kegiatan membaca safari serta
sarana dan prasarana sehingga dapat menumbuhkan minat siswa dalam proses
kegiatan pembiasaan 15 menit membaca sebelum pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Nov 2024 03:20
Last Modified: 07 Nov 2024 03:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7372

Actions (login required)

View Item
View Item