MUTTAQIN, FAIZUL (2020) HUBUNGAN PERSEPSI DAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI DENGAN AKTIVITAS FISIK SISWA DI SMA/SMK KALINYAMATAN DAN MAYONG Diajukan kepada Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FPIPSKR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Faizul Muttaqin.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Muttaqin,Faizul, 2019. HUBUNGAN PERSEPSI, MOTIVASI BELAJAR
PENDIDIKAN JASMANI DENGAN AKTIVITAS FISIK SISWA DI SMA
KALINYAMATAN DAN MAYONG. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan, Universitas PGRI Seamarang. Fajar Ari Widiyatmoko, S.Pd.,
M.Pd. dan Setiyawan, S.Pd., M.Or.
Latar belakang penelitian ini adanya permasalahan antara persepsi siswa
dan motivasi belajar penjas berdampak pada aktivitas fisik siswa, sehingga
pemecahan masalah yang sederhana maka diperlukan sebuah inovasi mengajar
untuk meningkatkan aktivitas fisik siswa dengan persepsi siswa dan motivasi
belajar penjas.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini termasuk dalam jenis
penelitian kuantitatif. Penggunaan pendekatan kuantitatif dengan metode
survei/kuisoner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa per angkatan
satu kelas yang terdiri dari 1 SMA Negeri di Kecamatan Kalinyamatan dan 1
SMA Negeri Mayong. Adapun kuesioner yang terkumpul dan dapat diolah
sebagaimana jumlah sampel yang telah ditentukan di awal adalah sebanyak 345
dengan usia 16 tahun 85, 17 tahun 100, usia 18 tahun 110, usia 19 tahun 50.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pada variabel persepsi siswa oleh
345 responden sebanyak 24 indikator diketahui bahwa respon terendah pada
indikator X1.1 hingga X1.24 diperoleh nilai koefisien korelasi 0,129 pada X1.8
dan sebesar 0,622 (tertinggi) pada X1.24. Pada variabel motivasi belajar oleh 345
responden sebanyak 16 indikator diketahui bahwa respon terendah pada indikator
X2.1 hingga X2.16 diperoleh nilai koefisien korelasi 0,183 (terendah) pada X2.1
dan sebesar 0,546 (tertinggi) pada X2.7. Pada variabel aktivitas fisik siswa oleh
345 responden sebanyak 18 indikator diketahui bahwa respon terendah pada
indikator Y.02 sebesar -0,516, sedangkan pada indikator Y.06 sebesar 0,521
(tertinggi).
Simpulan penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan variabel persepsi
siswa dengan aktivitas fisik, karena P-value variabel persepsi siswa sebesar 0,340
(>0,05) sehingga hipotesis yang diajukan tidak diterima. Dan terdapat hubungan
variabel motivasi belajar dengan aktivitas fisik, karena P-value pada variabel
motivasi belajar sebesar 0.076 (>0,05) sehingga hipotesis yang diajukan tidak
diterima. Saran penelitian ini adalah aspek persepsi siswa dan motivasi belajar
penjasores, hendaknya guru mampu lebih meningkatkan persepsi siswa dan
motivasi belajar tentang pembelajaran pesjasorkes, sehingga persepsi siswa dan
motivasi belajar meningkat guna peningkatan aktifitas fisik siswa.
Kata Kunci: Persepsi Siswa, Aktivitas Fisik, Motivasi Belajar Penjas
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 03:04 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 03:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7361 |