PENERAPAN MEDIA GARISMATIKA PADA KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

CAHYANI, MEGA DWI (2020) PENERAPAN MEDIA GARISMATIKA PADA KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Mega Dwi Cahyani.pdf] Text
Mega Dwi Cahyani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

MEGA DWI CAHYANI.
NPM 15120140. “Penerapan Media
Garismatika pada Kemampuan Berhitung Perkalian untuk Kelas II Sekolah
Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. Dosen
Pembimbing I: Ryky Mandar Sary, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Ervina
Eka Subekti, S.Si., M.Pd. Januari 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah melihat kemampuan
siswa yang masih kesulitan dalam menyelesaikan soal perkalian dan proses
pembelajaran yang masih didominasi belum menggunakan media pembelajaran.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi ada atau
tidaknya perbedaan kemampuan berhitung perkalian pada kelas II Sekolah Dasar
setelah menggunakan media “garismatika” pada materi perkalian.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode
eksperimen dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian
adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri Ngemplak Kecamatan Mranggen Tahun
Pelajaran 2019/2020. Sampel yang diambil adalah 24 siswa kelas II SD Negeri
Ngemplak Kecamatan Mranggen yang menggunakan teknik Sampling Jenuh.
Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Data kemampuan berhitung perkalian siswa diperoleh dengan instrumen
tes kemampuan berhitung perkalian, pedoman observasi, pedoman wawancara,
dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan
statistif infensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa rata-rata
nilai hasil posttest lebih tinggi dari pada rata-rata nilai pretest (52,708<78,333).
Hasil analisis uji-t diperoleh t-hitung = 9,203 t-tabel = 2,064 pada taraf signifikansi
5%, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan yang
signifikan kemampuan berhitung perkalian matematika setelah menggunakan
media pembelajaran “garismatika”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
terdapat perbedaan kemampuan berhitung perkalian matematika setelah
menggunakan media pembelajaran “garismatika” pada kelas II Sekolah Dasar.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya media pembelajaran “garismatika” dapat digunakan sebagai salah satu
media alternatif guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Nov 2024 03:04
Last Modified: 07 Nov 2024 03:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7360

Actions (login required)

View Item
View Item