PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SEPAK BOLA (DRIBBLING) PADA SISWA KELAS XI SMK HKTI 2 BANJARNEGARA

Panuntun, Faiz (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SEPAK BOLA (DRIBBLING) PADA SISWA KELAS XI SMK HKTI 2 BANJARNEGARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Faiz Panuntun.pdf] Text
Faiz Panuntun.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Faiz Panunutun. “Pengaruh model pembelajaran kooperatif teams games
tournament (TGT) dan problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar sepak
bola pada kelas XI SMK HKTI 2 Banjarnegara”. Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahauan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang 2019.
Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan hasil wawancara dengan
guru Penjasorkes bahwa disekolah tersebut belum menerapkan model
pembelajaran teams games tournament (TGT) dan problem based learning (PBL),
siswa merasa bahwa pembelajaran penjasorkes dengan materi sepak bola itu
membosankan karena pembelajaran sepak bola cenderung monoton dan kurang
menarik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah model
pembelajaran TGT dan PBL berpengauh terhadap hasil belajar sepak bola
(driblling) dan lebih efektif mana model pembelajaran TGT dan PBL di SMK
HKTI 2 Banjarnegara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
model pembelajaran teams games tournament (TGT) dan problem based learning
(PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar sepak bola pada kelas XI SMK HKTI 2
Banjarnegara.
Penelitian ini merupakan quasi eksperimental design two group dengan
pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling dengan cara undian
yang terdiri dari dua kelas, yaitu XI TKR 9 sebagai kelas TGT dengan jumlah
siswa sebanyak 37 dan XI TKR 10 sebagai kelas PBL dengan jumlah siswa
sebanyak 37. Dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, paired
samples t-test dan independent samples t-test yang di olah dengan bantuan
aplikasi SPSS 16.
Hasil penelitian pretest dan postest menunjukan adanya perbedaan rata-
rata hasil belajar pretest kelas teams games tournament (TGT) 64,081 dan postest
77,595 berdasarkan hasil uji t diketahui hasil belajar (-19,434 dan nilai Sig =0,000
< α=0,05.) dan persentase penigkatan 9,54%. Sedangkan kelas problem based
learning (PBL) pretest 69,188 dan postest 79,281 berdasarkan hasil uji t diketahui
hasil belajar (-12,749 dan nilai Sig =0,000 < α=0,05) dan persentase peningkatan
6,80%.
Berdasarkan hasil data diatas dapat disimpulkan bahwa hasil data diatas
bahwa ada pengaruh model pembelajaran TGT (teams games tournament) dan
PBL (problem Based Learning) terhadap hasil belajar sepak bola siswa kelas XI
SMK HKTI 2 Banjarnegara, peningkatan yang yang tinggi yaitu kelas TGT
(teams games tournament). Saran yang dapat penulis sampaikan adalah model
pembelajaran Teams games tournament (TGT) dan problem based learning (PBL)
dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.
Kata kunci: TGT, PBL, Sepak Bola, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Nov 2024 03:02
Last Modified: 07 Nov 2024 03:02
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7359

Actions (login required)

View Item
View Item