Damayanti, Amelia (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DITINJAU DARI INDIKATOR ANDERSON DAN KRATHWOHL MATERI MOMENTUM DAN IMPULS PADA SMA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Amelia Damayanti.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes dari indikator
Anderson yang valid, reliabel dan layak diterapkan di SMA Kota Pekalongan.
Penelitian dilaksanakan di tiga SMA di Kota Pekalongan diantaranya SMA Negeri
1 Pekalongan, SMA Negeri 2 Pekalongan dan SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan
di Kota Pekalongan. Subjek dalam penelitian ini guru fisika di Kota Pekalongan.
Penelitian pengembangan mengacu pada model pengembangan dan penelitian Borg
and Gall meliputi (1) Research and information collecting, meneliti dan
mengumpulkan data informasi kurikulum, materi dan model tes; (2) Planning,
merencanakan indikator Anderson dan Krathwohl yang akan digunakan, kisi-kisi
dan materi; (3) Develop preliminary from of product, mengembangkan desain
penelitian; (4) Preliminary field testing, penilaian produk atau validasi ahli/pakar;
(5) Main product revision, perbaikan dari saran atau kritik ahli; (6) Main field
testing, penilaian praktisi terhadap produk; (7) Operational product revision,
perbaikan dari saran atau kritik praktisi. Hasil penelitian melalui angket dimana
hasil analisis validitas diperoleh bahwa nomor 9, 14, 19, 20, 21 dan 26 kategori
sedang, sedangkan nomor 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11, 12, 13, 15, 16, 17, 18, 22, 23,
24, 25, 27, 28, 29 dan 30 kategori sangat valid, uji reliabilitas diperoleh r11 =
0,96805 ≥ rtabel = 0,361 sehingga instrumen tes reliabel kategori sangat tinggi, uji
kelayakan instrumen dari hasil validasi uji ahli 75% kategori layak dan uji
kelayakan guru diperoleh dari validator SMA Negeri 1 Pekalongan 96,67%, SMA
Negeri 2 Pekalongan 95% dan SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Kota
Pekalongan 81,67% dalam kategori sangat layak.
Kata kunci : HOTS; Indikator Anderson dan Krathwohl; momentum dan impuls.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 03:02 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 03:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7357 |