PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS N 4 REMBANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

AMRIANA, FAIZ (2020) PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS N 4 REMBANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of faiz amriana.pdf] Text
faiz amriana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang masih kesulitan
untuk mengonsep gagasan sendiri dan rendahnya minat belajar peserta didik
sehinga mereka kesulitan dalam pembelajaran menulis, khususnya pembelajaran
menulis teks persuasi. Selain itu rendahnya nilai juga dikarenakan penggunaan
model pembelajaran yang kurang optimal dan terpaku pada buku teks sehingga
peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Di MTs
Negeri 4 Rembang model yang digunakan sebelumnya adalah model diskusi.
Melihat kondisi yang seperti itu perlu adanya penggunaan model pembelajaran
tertentu untuk mengatasi permasalahan tersebut sehingga pembelajaran lebih
optimal. Model pembelajaran yang perlu digunakan adalah model student
facilitator and explaining.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model
student facilitator and explaining dalam pembelajaran menulis teks persuasi pada
peserta didik kelas VIII MTs Negeri 4 Rembang tahun pelajaran 2018/2019?
Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model
student facilitator and explaining dalam pembelajaran menulis teks persuasi pada
peserta didik kelas VIII MTs Negeri 4 Rembang tahun pelajaran 2018/2019
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan
nontes (observasi, wawancara, dan angket). Analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan cara memaparkan atau
mendeskripsikan secara apa-adanya dan hasil belajar peserta didik dalam
pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan model student
facilitator and explaining. Teknik penyaian hasil data dalam penelitian ini
menggunakan kualitatif yaitu pendeskripsian dengan menggunakan kata-kata.
Hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk deskripsi, tabel, diagram
batang, dan gambar. Hasil tes didapatkan melalui tes menulis teks persuasi.
Berdasarkan hasil tes, model student facilitator and explaining dapat diterapkan
dalam pembelajaran menulis teks persuasi, hal tersebut dapat dibuktikan dari rata-
rata hasil belajar peserta didik yang melampaui KKM yaitu nilai terendah 75, nilai
tertinggi 90, dengan rata-rata 85. Peserta didik lebih lebih aktif karena terlibah
secara langsung dalam pembelajaran, lebih memahami materi yang disampaikan,
lebih dapat berpikir kritis, serta pembelajaran pun lebih menyenangkan sehingga
mereka lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran.
Saran yang dapat disampaikan oleh penulis adalah guru perlu memilih
metode pembelajaran tertentu yang tepat dalam pembelajaran sehingga tujuan
pembelajaran dapat tercapai dan pembelajaran menjadi lebih optimal.
Kata Kunci: penerapan, student facilitator and explaining,teks persuasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Nov 2024 03:00
Last Modified: 07 Nov 2024 03:00
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7355

Actions (login required)

View Item
View Item