Maharani, Amallia (2019) PENGARUH NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP POLA PERILAKU GENERASI MILLENIAL DALAM KEHIDUPAN SOSIAL di SMA SEDES SAPIENTIAE SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Amallia Maharani.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
AMALLIA MAHARANI. 15210047 “Pengaruh Nilai-nilai Pancasila
terhadap Pola Perilaku Generasi Millenial dalam Kehidupan Sosial di SMA Sedes
Sapientiae
Semarang”,
Program
Studi
Pendidikan
Pancasila
dan
Kewarganegaraan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan dan Keolahragaan,
Universitas PGRI Semarang Tahun 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya generasi millenial yang masih
kurang memahami arti penting tentang nilai-nilai Pancasila. Keluarga, guru,
sekolah sudah melakukan contoh untuk mengupayakan penerapan nilai-nilai
Pancasila pada generasi millenial melalui kegiatan sehari-hari di kehidupan sosial.
Tujuan diadakan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Nilai-nilai
Pancasila terhadap Pola Perilaku Generasi Millenial dalam Kehidupan Sosial.
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dan
pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Sedes Sapientiae Semarang.
Fokus penelitian meliputi pemahaman siswa terhadap nilai-nilai pancasila dalam
kehidupan sosial, penerapan pentingnya nilai-nilai pancasila dalam kehidupan
sosial, wujud pelaksanaan nilai-nilai pancasila pada diri siswa, hambatan dalam
penerapan nilai-nilai pancasila di luar sekolah. Subyek penelitian adalah Pelajar
sebagai generasi millenial, dan Bapak/Ibu Guru. Pengumpulan data dilakukan
melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah
terkumpul kemudian dilakukan analisis data dengan tahapan: reduksi data,
penampilan data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan
menggunakan metode triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh Nilai-nilai Pancasila terhadap
Pola Perilaku Generasi Millenial dalam Kehidupan Sosial Antara lain sebagai
berikut: (1) pemahaman siswa masih sangat terbatas terhadap nilai-nilai Pancasila
dan tidak ada keinginan atau minat dari diri siswa tersebut untuk terus belajar (2)
siswa-siswi belum menerapkan nilai-nilai Pancasila dengan baik sebenarnya nilai
nilai ini harus sudah ada di dalam diri kita (3) perkembangan teknologi yang
begitu pesat seringkali bisa mengakibatkan millenial menjadi manja, malas dan
cenderung kurang tertarik kepada ilmu pengetahuan yang bersifat umum bahkan
jarang sekali menerapkan nilai-nilai pancasila (4) banyaknya hambatan dalam
penerapan nilai-nilai Pancasila di luar sekolah
Kata kunci : Nilai-Nilai Pancasila, Generasi Millenial
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 02:55 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 02:55 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7349 |