MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA MELALUI LITERASI PERPUSTAKAAN SD NEGERI 02 TELUK WETAN JEPARA

FEBRIYANTO, FAIDAR EKO (2020) MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA MELALUI LITERASI PERPUSTAKAAN SD NEGERI 02 TELUK WETAN JEPARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FAIDAR EKO FEBRIYANTO.pdf] Text
FAIDAR EKO FEBRIYANTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

FAIDAR EKO FEBRIYANTO. 15120432. “Meningkatkan Minat Baca Siswa
Melalui Literasi Perpustakaan SD Negeri 02 Teluk Wetan Jepara”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. 2019. Dosen Pembimbing I Drs. Wijonarko, M. Kom, dan
Dosen Pembimbing II Qoriati Mushafanah, S.Pd., M.Pd.
Dalam mewujudkan suasana belajar dan proses belajar yang memadai,
maka diperlukan saran dan prasarana yang juga harus memadai, baik secara
kualitas dan kuantitas. Salah satu pendukung terwujudnya keberhasilan
pendidikan adalah sarana prasarana sekolah yaitu perpustakaan sekolah.
Keberadaan perpustakaan sangatlah penting untung mengembangkan potensi yang
dimiliki oleh peserta didik agar menjadi manusia yang berilmu dan memiliki
wawasan yang lebih luas dalam berakhlak mulia, berkreatifitas, mandiri dan
menjadi warga Negara yang bertanggung jawab. Minat untuk membaca di
perpustakaan dan adanya perpustakaan ini belum berfungsi secara maksimal. Hal
ini didapatkan bahwa minat membaca siswa masih rendah. Rendahnya minat baca
pada siswa diperlukan strategi untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat baca
pada
siswa
seperti
mendesain
kurikulum
atau
sistem
pembelajaran,
merekomendasikan bahan-bahan bacaan yang ada di perpustakaan sekolah dan
menyediakan sarana informasi. Selain itu, guru dapat mengajak siswa untuk
membaca atau menelaah buku-buku yang menarik di perpustakaan sekolah dan
memberinya tugas yang sumbernya dicari di perpustakaan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif deskriptif. Sumber informasi kepala sekolah, guru, pustakawan, dan
siswa . Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket
dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah Rendahnya minat baca siswa dipengaruhi
oleh faktor siswa yang lebih suka bermain dibanding dengan membaca buku.
Dengan rendahnya minat baca pada siswa SD Negeri Teluk Wetan 02 maka
pemanfaatan perpustakaan yang ada disekolah kurang maksimal dan peminjaman
buku pada perpustakaan rendah, walaupun buku pada perpustakaan sudah
diperbarui dalam jangka waktu satu tahun sekali. Dengan dilakukan pembaruan
buku dirasa kurang efektif karena siswa kurang dalam pemanfaatan buku yang ada
diperpustakaan.
Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankaan agar guru diharapkan
mampu memotivasi siswa untuk lebih sadar akan pentingnya membaca bagi
kehidupan dan belajar di kehidupan sehari-hari agar anak tidak gagap teknologi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Nov 2024 02:52
Last Modified: 07 Nov 2024 02:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7348

Actions (login required)

View Item
View Item