PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN JIGSAW TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN PJOK DI SDN BERAHAN WETAN 1 KABUPATEN DEMAK

Fahrudin, - (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN JIGSAW TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN PJOK DI SDN BERAHAN WETAN 1 KABUPATEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Fahrudin.pdf] Text
Fahrudin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

FAHRUDIN. NPM 17230274. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN JIGSAW
TERHADAP
KECERDASAN
EMOSIONAL
SISWA
DALAM
PEMBELAJARAN PJOK DI SDN BERAHAN WETAN 1 DEMAK”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Danang Aji Setyawan, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing II Buyung
Kusumawardhana,S.Pd.,M.Kes.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kecerdasan emosional
siswa SDN BERAHAN WETAN 1 khususnya dalam ranah Empati, kurangnya
empati siswa terhadap teman ketika ada teman yang kalah dalam suatu permainan.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah. Apakah Model
pembelajaran TGT dan Jigsaw dapat mempengaruhi kecerdasan emosional siswa
dalam pembelajaran PJOK ?. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif
dengan desain penelitian True experimental Design. Bentuk desain penelitian
yang digunakan pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas V SDN Berahan Wetan 1. Jumlah sampel sebanyak 45
siswa dengan menggunakan nonprobability sampling jenis sampling jenuh.
Hasil penelitian antara lain : (1) Berdasarkan analisis data uji- t dengan
bantuan SPPS 20 diperoleh sig(2-tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka H0
ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara Model
pembelajaran TGT dan Jigsaw Terhadap Kecerdasan Emosional (2) Terjadi
peningkatan kategori kecerdasan emosional siswa Saat Pre Test kategori sedang
berjumlah 17 dan kategori tinggi berjumlah 7 siswa, setelah Post test menjadi 23
untuk kategori tinggi dan 1 sedang. (3) adanya perubahan sikap siswa dari yang
sering mengejek sekarang saling membantu saat pembelajaran. Saran dari peneliti
yaitu supaya Model pembelajaran teams games tournament (TGT) dan Jigsaw
digunakan oleh guru sebagai suatu cara untuk meningkatkan kecerdasan
emosional siswa.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Teams Game Tournament, jigsaw,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Nov 2024 02:49
Last Modified: 07 Nov 2024 02:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7344

Actions (login required)

View Item
View Item