Handayani, Amalia (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASSED LEARNING (PBL) BERBANTU GEOGEBRA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL PADA MATERI DIMENSI TIGA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Amalia Handayani.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi dengan pentingnya motivasi belajar dan
kemampuan spasial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)
Mengetahui apakah kemampuan spasial siswa menggunakan model Problem
Based Learning berbantu geogebra lebih baik daripada kemampuan spasial siswa
menggunakan model konvensional pada materi dimensi tiga; (2) Mengetahui
pada katagori motivasi belajar siswa manakah yang lebih baik antara tinggi,
sedang dan rendah; (3) Mengetahui pada model Problem Based Learning
manakah yang lebih baik antara motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah; (4)
Mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap motivasi
belajar siswa pada materi dimensi tiga; (5) Mengetahui apakah pada motivasi
belajar tinggi, kemampuan spasial siswa dengan model Problem Based Learning
lebih baik daripada model model pembelajaran konvensional; (6) Mengetahui
apakah pada motivasi belajar sedang, kemampuan spasial siswa dengan model
Problem Based Learning lebih baik daripada model model pembelajaran
konvensional; (7) Mengetahui apakah pada motivasi belajar rendah, kemampuan
spasial siswa dengan model Problem Based Learning lebih baik daripada model
model pembelajaran konvensional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas
XII. Melalui cluster random sampling terpilih sampel penelitian yaitu X MM
sebagai kelas eksperimen dan kelas XII TKR sebagai kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, tes, dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada
kemampuan spasial menggunakan model Problem Bassed Learning ataupun
model Konvensional. (2) Tidak ada perbedaan yang signifikan pada kategori
motivasi belajar siswa dengan menggunakan model Problem Bassed Learning
ataupun model Konvensional terhadap kemampuan spasial. (3) Tidak terdapat
interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar. Sehingga dengan
model pembelajaran dan kategori motivasi manapun sama baiknya.
.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Motivasi Belajar, GeoGebra, dan
Kemampuasn Spasial.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 02:47 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 02:47 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7343 |