UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN ORIGAMI UNTUK KELOMPOK A DI RA SYAFIIYAH KEMBANGARUM

ROSITA, - (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN ORIGAMI UNTUK KELOMPOK A DI RA SYAFIIYAH KEMBANGARUM. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI ROSITA.pdf] Text
SKRIPSI ROSITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS
MELALUI KEGIATAN ORIGAMI UNTUK KELOMPOK A DI RA
SYAFIIYAH KEMBANGARUM
Seni melipat kertas atau origami, merupakan kegiatan yang sangat menarik
untuk dapat merangsang kreativitas serta membangun daya pikir anak. Menyadari
hal tersebut peneliti memilih untuk mencoba mengajarkan beberapa cara melipat
kertas origami kepada peserta didik di RA Safiiyah Kembngarum Mranggen
Demak. Kegiatan ini peneliti adakan mengingat masih banyak peserta didik yang
belum mampu melipat kertas dengan adanya kegiatan ini merangsang
perkembangan motoric halus peserta didik di RA tersebut. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah melalui seni melipat kertas origami dapat
mengembangkan kreativitas peserta didik di Ra Syafiiyah Kembangarum
Marnggen Demak Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek
penelitian adalah anak kelompok A yang berjumlah 26 anak. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi. Indikator
keberhasilan yang ditetapkan yaitu kemandirian, kerapian dan ketepatan anak
dalam melipat kertas.
Rumusan masalahnya yaitu : Bagaimana meningkatkan kemampuan
motoric halus anak dengan metode origami peserta didik RA Syafiiyah
Kembangarum?
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di RA Syafiiyah
Kembangarum maka dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan melipat kertas
dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan motorik halusdan motivasi
belajar anak pada kelompok A di RA Syafiiyah Kembangarum Tahun Ajaran
2019/2020. Keterampilan motorik halus tindakan ke Siklus I meningkat pada
indikator kemandirian, kerapian dan ketepatan untuk pertemuan pertama siklus I
mencapai persentase yaitu baik 10%, cukup 20% dan kurang 70% . untuk
pertemuan ke II yaitu dengan presentase baik 50%, cukup 40% dan kurang 10%.
Dan pertemuan ke III dengan presentase yaitu baik 60%, cukup 20% dan kurang
20%. Meningkat pada siklus II yaitu pencapaian keterampilan motorik halus anak
pada indikator kemandirian, kerapian dan ketepatan untuk pertemuan pertama
siklus II mencapai persentase yaitu baik 80%, cukup 10% dan kurang 10% . untuk
pertemuan ke II yaitu dengan presentase baik 90%, cukup 5% dan kurang 5%.
Dan pertemuan ke III dengan presentase yaitu baik 95%, cukup 5% dan kurang
0%.
Kata Kunci: Melipat Kertas Origami, Pengembangan Motorik Halus Anak Usia
Dini

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Nov 2024 02:35
Last Modified: 07 Nov 2024 02:35
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7335

Actions (login required)

View Item
View Item