FIKRI, MAULANA FACHRIZAL (2020) PENERAPAN MEDIA FILM PENDEK DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA FANTASI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
MAULANA FACHRIZAL FIKRI (15410089).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Penerapan Media Film Pendek dalam Pembelajaran
Keterampilan Menulis Cerita Fantasi Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2
Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses
pembelajaran yang menunjukkan rendahnya aktivitas belajar peserta didik.
Mengetahui kondisi tersebut perlu diupayakan penggunaan media yang dapat
meningkatkan aktivitas pembelajaran keterampilan menulis cerita fantasi pada
peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Jepara. Media yang dapat digunakan adalah
media film pendek.
Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah penerapan media
film pendek dalam pembelajaran keterampilan menulis cerita fantasi peserta didik
kelas VII SMP Negeri 2 Jepara tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini
untuk mendeskripsikan penerapan media film pendek dalam pembelajaran
keterampilan menulis cerita fantasi peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Jepara
tahun pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa
penugasan keterampilan menulis cerita fantasi sesuai film pendek yang
ditampilkan dengan memperhatikan struktur cerita fantasi. Teknik nontes berupa
observasi dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik
kelas VII SMP Negeri 2 Jepara tahun pelajaran 2019/2020 terdiri dari 9 kelas,
meliputi kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E, VII F, VII G, VII H, dan VII I.
Hasil dari penelitian ini yaitu media film pendek dapat diterapkan dalam
pembelajaran keterampilan menulis cerita fantasi pada peserta didik kelas VII
SMP Negeri 2 Jepara tahun pelajaran 2019/2020. Hal tersebut dibuktikan melalui
nilai rata-rata peserta didik yang mencapai 84, sedangkan nilai KKM yang
ditetapkan oleh sekolah mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 75. Media film
pendek memudahkan peserta didik dalam menulis cerita fantasi sesuai
strukturnya.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah pendidik khususnya mata
pelajaran Bahasa Indonesia harus memperhatikan penerapan media pembelajaran
yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Kata Kunci: penerapan, media film pendek, menulis cerita fantasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 02:31 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 02:31 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7331 |