PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PART AND WHOLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HAND STAND PADA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI SISWA KELAS X SMK N 1 SEMARANG

Herfianto, Fahri Trian (2020) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PART AND WHOLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HAND STAND PADA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI SISWA KELAS X SMK N 1 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Fahri rian..pdf] Text
Fahri rian..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Fahri Trian Herfianto. “ Penerapan Metode Pembelajaran Part and Whole
Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Hand Stand Pada Pembelajaran Senam Lantai
Siswa Kelas X SMK N 1 Semarang”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2019.
Adanya suatu permasalahan yang dialami siswa kelas X dalam
pembelajaran hand stand di SMK N 1 Semarang ditunjukkan dengan kurangnya
hasil belajar siswa dalam melakukan gerakan hand stand senam lantai dengan
nilai yang tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 , metode
pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga hasil yang didapat oleh siswa
masih banyak yang belum memenuhi KMM yang ditentukan. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui hasil dari penerapan Metode Part and Whole untuk
meningkatkan hasil belajar penjasorkes pada senam lantai hand stand dan
mengetahui penerapkan metode bagian dan metode keseluruhan (Part and Whole
Method) dalam pembelajaran Penjas efektif atau tidak dalam meningkatkan
kemampuan Hand stand pada siswa kelas X SMK N 1 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan Pretest-
Posttet Pre Experimental Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan
cara teknik simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X.TP 3 dengan jumlah 35 siswa yang terdiri dari 33 laki-laki dan 2
perempuan.
Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar hand stand melalui penerapan
metode pembelajaran part and whole di kelas X.TP 3, Setelah dilakukan uji
hipotesis Paired Sample T-Test, diperoleh hasil nilai Sig.(0,000) < α (0,05). Maka
H0 ditolak yang berarti ada ada perbedaan hasil pretest dan posttest pemberian
metode pembelajaran Part & Whole dalam meningkatkan hasil belajar Hand
Stand. Dimana rata-rata hasil pretest belajar hand Stand pada senam lantai sebesar
72,14 (46,77%), sedangkan rata-rata hasil posttest belajar hand stand pada senam
lantai sebesar 82,11 (53,23%). Dari hasil pretest ke posttest terjadi peningkatan
hasil belajar hand stand sebesar 6,46%.
Kesimpulan : Metode pembelajaran part and whole dapat diterapkan untuk
meningkatkan hasil belajar senam lantai hand stand dan metode pembelajaran
part and whole efektif untuk meningkatkan hasil belajar penjasorkes materi hand
stand pada siswa kelas X SMK N 1 Semarang, serta saran yang dapat
disampaikan adalah semoga kedepanya guru lebih baik lagi dalam memilih
metode pembelajaran yang lebih efektif sehingga hasil belajar siswa menjadi lebih
baik.
KATA PENGANTAR
Kata kunci : Metode Part and Whole, hasil belajar, hand

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Nov 2024 02:29
Last Modified: 07 Nov 2024 02:29
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7330

Actions (login required)

View Item
View Item