KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WELAHAN

Thauchid, Muhammad (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WELAHAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI Muhammad Thauchid.pdf] Text
SKRIPSI Muhammad Thauchid.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Thauchid. 15230272. “Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan JIGSAW Terhadap
Hasil Belajar Dribble Bola Basket Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1
Welahan”, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI
Semarang, 2020.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini siswa tidak dapat memahami serta
mempraktikkan teknik dasar dribble bola basket dengan baik. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif
tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan JIGSAW terhadap hasil
belajar dribble bola basket.
Penelitian ini menggunakan quasy eksperimental design, pengambilan sampel
dilakukan dengan simple random sampling. Teknik analisis data dengan
menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, pared sample t-test dan indepndet
t-test yang diolah mengguakan aplikasi SPSS 17.
Hasil penelitian ini diperoleh dengan hasil analisis model pembelajaran STAD
dalam aspek kognitif
nilai thitung
lebih besar dibandingkan nilai ttabel
(11.117>2.756) dengan nilai signifikasi sebesar .000 lebih kecil dari 0.05
(.000<0.05) dan presentase peningkatan sebesar 23.7%. Dalam aspek psikomotor
nilai thitung lebih besar dibandingkan nilai ttabel (12.009 >2.756) dengan nilai
signifikasi sebesar .000 lebih kecil dari 0.05 (.000<0.05) dan presentase
peningkatan sebesar 16.7%. Hasil analisis model pembelajaran JIGSAW dalam
aspek kognitif dalam aspek psikomotor nilai thitung lebih besar dibandingkan nilai
ttabel (15.767>2.756) dengan nilai signifikasi sebesar .000 lebih kecil dari 0.05
(.000<0.05) dan presentase peningkatan sebesar 19.77%. Dalam aspek psikomotor
nilai thitung lebih besar dibandingkan nilai ttabel (13.018>2.756) dengan nilai
signifikasi sebesar .000 lebih kecil dari 0.05 (.000<0.05) dan presentase
peningkatan sebesar 20.67%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
STAD dengan JIGSAW efektif terhadap hasil belajar bola basket pada siswa kelas
VII C dan VII E di SMP Negeri 1 Welahan.
Kata kunci : dribble, bola basket, model pembelajaran stad, model pembelajaran
jigsaw

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Nov 2024 02:29
Last Modified: 07 Nov 2024 02:29
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7329

Actions (login required)

View Item
View Item