Lestari, Alinda (2019) PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN TAKSI KONVENSIONAL DI KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ALINDA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Alinda Lestari 2019. “Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap
Keputusan Menggunakan Taksi Konvensional di Kota Semarang”. Skripsi
Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing : Novika Wahyuhastuti,
S.E., M.Si., Aryan Eka Prastya Nugraha, S.E.,M. Pd.
Keputusan menggunakan taksi konvensional tergantung dari kualitas
layanan dan harga yang disediaksn oleh perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian
dan pengamatan yang dilakukan diketahui bahwa keputusan menggunakan taksi
konvensional di Kota semarang masih memiliki beberapa permasalahan,
diantaranya jumlah persentase kepuasan pengguna taksi konvensional lebih
rendah dari taksi online, terddapat pelayanan yang kurang maksimal bagi
konsumen, terdapat keluhan konsumen terhadap taksi konvensional mengenai
biaya atau argo yang dikeluarkan taksi konvensional. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap keputusan
menggunakan taksi konvensional di Kota Semarang.
Populasi penelitian ini adalah semua pengguna taksi konvensional yang
akan dijadikan sampel penelitian dengan menggunakan teknik accidental
sampling yang berjumlah 96 responden. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji
asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis koefisien determinasi regresi linier
berganda dengan menggunakan program SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis regresi linier berganda yang
diperoleh yaitu Y=2,148 + 0,692X1 + 0,232X2 + 0,352X3 + 0,476X4 + 0,010X5
+ 0,173X6. Koefisien determinasi simultan atau R2 antara kualitas layanan, harga
terhadap keputusan sebesar 58,5%. Secara parsial atau uji t variabel kehandalan,
jaminan, bukti fisik dan empati diperoleh nilai yang lebih besar dari 0,05.
Variabel harga dan daya tanggap diperoleh nilai kurang dari 0,05 sehingga 4
hipotesis dinyatakan diterima dan 2 hipotesis ditolak.
Simpulan dari penelitian ini adalah peningkatan keputusan konsumen
dalam menggunakantaksi konvensional di Kota Semaraang dengan cara
meningkatkan kehandalan, jaminan, bukti fisik dan empati baik secara parsial
maupun simultan. Saran kepada perusahaan taksi konvensional di Kota Semarang
hendaknya meningkatkan kehandalan pegawai, pemberian pengawasan, balas
jasa, ketegasan agar dapat meningkatkan keputusan konsumen.
Kata Kunci : Kualitas Layanan, Harga, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 02:26 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 02:26 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7324 |