PERANAN METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN GAMBAR SERI DALAM KEMAMPUAN BAHASA ANAK

JULIANTI, - (2020) PERANAN METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN GAMBAR SERI DALAM KEMAMPUAN BAHASA ANAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI JULIANTI.pdf] Text
SKRIPSI JULIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)

Abstract

JULIANTI. NPM 18156053. Peranan Metode Bercerita dengan Menggunakan
Gambar Seri Dalam Kemampuan Bahasa Anak.Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan UPGRIS Semarang.
Universitas PGRI Semarang , 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyak dijumpai
bahwa kemampuan bahasa anak yang masih kurang khususnya dalam
mengungkapkan bahasa, Perkembangan bahasa merupakan salah satu kemampuan
yang sangat pentinguntuk dikembangkan sejak usia dini. Namun perkembangan
bahasa anak tidak akan berkembang jika tidak dilatih dan dikembangkan.
Pelaksanaan metode pembelajaran yang digunakan dengan metode bercerita tanpa
menggunakan media, membuat peserta didik kurang antusias dan merasa bosan
untuk mengikuti pembelajaran.Hal tersebut menyebabkan penulis tertarik untuk
memberikan metode bercerita dengan media gambar seri untuk membantu
perkembangan bahasa anak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak
dengan menggunakan gambar seri
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian Kepustakaan ( Library Research )..
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah mengumpulkan data
penelitian berupa data-data kepustakaan yang telah dipilih, dicari, disajikan dan
dianalisis. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan
mengumpulkan jurnal tentang kemampuan bahasa anak. Kemudian dipilih,
disajikan dan dianalisis serta diolah supaya ringkas dan sistematis.
Dari hasil pengumpulan jurnal diatas dapat disimpulkan bahsa bercerita
adalah suatu metode pencapaian materi pembelajaran kepada anak usia dini yang
tepat serta menyenangkan.Metode bercerita dpat merangsang anak untuk
mengungkapkan bahasa. Dengan metode bercerita pada anak usia 4 sampai 5
tahun akan lebih menarik apabila dengan alat peraga,alat peraga yang digunakan
adalah gambar seri
Kata kunci : Metode Bercerita, Kemampuan Bahasa,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Nov 2024 02:20
Last Modified: 07 Nov 2024 02:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7318

Actions (login required)

View Item
View Item