Wulandari, Marisa (2020) PENGEMBANGAN MAMAT (MAJALAH MATEMATIKA) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
MARISA WULANDARI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbentuk majalah matematika
dengan pendekatan kontekstual, sehingga menghasilkan bahan ajar yang valid, praktis,
efektif dan dapat digunakan siswa dalam meningkatkan minat dan hasil belajar. Metode
yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu metode ADDIE yang terdiri
dari
5
tahap
yaitu
Analysis(Analisis),
Design
(Perancangan),
Development
(Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Pertama adalah
tahap Analysis yaitu bahan ajar yang digunakan kurang menarik minat siswa untuk
membaca dan cenderung membosankan, sehingga dibutuhkan bahan ajar yang dapat
meningkatkan minat belajar siswa. Kedua adalah tahap Design yaitu merancang produk
majalah matematika. Ketiga adalah tahap Development yaitu bahan ajar yang telah dibuat
selanjutnya divalidasi oleh ahli materi dan ahli bahan ajar dengan presentase berturut
turut 85,71% dan 75,71% yang termasuk kategori baik, untuk perangkat pembelajaran
yang telah dibuat kemudian divalidasi oleh ahli desain pembelajaran dengan hasil 77,5%
termasuk kategori baik. Keempat adalah tahap Implementation dimana pada tahap ini
bahan ajar yang telah dikembangkan kemudian diterapkan di kelas penelitian. Kelima
adalah tahap Evaluation yaitu data dalam penelitian ini terdiri dari data awal yang
diperoleh melalui nilai pretest dan data akhir yang diperoleh melalui nilai posttest. Hasil
dari posttest kedua kelas dilakukan uji kesamaan dua rata-rata (uji t pihak kanan)
diperoleh kesimpulan H0 di tolak. Sehingga dapat disimpulkan bahan ajar majalah
matematika untuk meningkatkan minat,dan hasil belajar siswa dikatakan valid, praktis,
dan efektif dari pada pembelajaran konvensional. Pada penelitian ini menggunakan model
angket untuk mengetahui minat belajar siswa dan tes untuk mengetahui hasil belajar
siswa.
Kata kunci: Majalah Matematika, Pendekatan Kontekstual, Minat Belajar, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 02:22 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 02:22 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7316 |