ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DI TINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAYUNG TAHUN 2019/2020

Musaidah, Evadatul (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DI TINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAYUNG TAHUN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Evadatul M.pdf] Text
Evadatul M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif
ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sayung pada
materi sistem persamaan linier dua variabel. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII
SMP Negeri 1 Sayung yang terdiri dari enam siswa. Kriteria pemilihan
subjek berdasarkan gaya belajar yaitu gaya belajar visual, gaya belajar
auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian yaitu angket gaya belajar, tes kemampuan berpikir kreatif, dan
pedoman wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber
yaitu membandingkan hasil informasi yang diperoleh melalui sumber yang
berbeda. Hasil tes dan wawancara 1) Siswa dengan gaya belajar visual
menunjukkan tiga indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu pada aspek
kelancaran (fluency), kelenturan (flexibility), keaslian (originality), 2)
Siswa dengan gaya belajar auditorial menunjukkan dua indikator
kemampuan berpikir kreatif yaitu aspek kelancaran (fluency) dan keaslian
(originality), 3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik menunjukkan satu
indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu pada aspek kelancaran
(fluency).
Kata Kunci : Analisis, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Gaya Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Nov 2024 02:19
Last Modified: 07 Nov 2024 02:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7314

Actions (login required)

View Item
View Item