ANGGUN, INEKE PERMATA (2020) PENGEMBANGAN PERMAINAN RUN “Z” BALL DALAM PENERAPAN GERAK DASAR LARI JARAK PENDEK PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMADDIYAH 11 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI INEKE PERMATA ANGGUN NPM. 15230269.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Ineke Permata Anggun. 15230269. “Pengembangan Permainan Run “Z”
Ball dalam Penerapan Gerak Dasar Lari Jarak Pendek pada Siswa Kelas IV SD
Muhamaddiyah 11 Semarang” Universitas PGRI Semarang. 2020. Maftukin
Hudah, S.Pd., M.Pd. dan Ibnu Fatkhu Royana, S.Pd., M.Pd..
Pemberian materi pembelajaran gerak dasar atletik nomor lari guru masih
mengacu pada hasil yang dicapai bukan proses yang dilakukan. Hal ini yang
menyebabkan anak-anak kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran, serta
hasil penilaian yang diperoleh yang masih rendah. Maka perlu adanya modifikasi
dalam proses pembelajarannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
“Bagaimana model pengembangan permainan Run “Z” Ball dalam penerapan
gerak dasar lari jarak pendek pada siswa kelas IV SD Muhamaddiyah 11
Semarang?”. Tujuan penelitian ini menghasilkan pengembangan model permainan
Run “Z” Ball dalam penerapan gerak dasar lari jarak pendek pada siswa kelas IV
SD Muhamaddiyah 11 Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur
pengembangan produk meliputi analisis produk yang akan diciptakan,
mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil
dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, serta
menggunakan hasil pengamatan di lapangan dan hasil wawancara oleh siswa.
Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase.
Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa pengembangan
permainan Run “Z” Ball dalam penerapan gerak dasar lari jarak pendek efektif
dan sesuai dengan karakteristik siswa yang sangat aktif bergerak dan sangat
senang bermain sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran pendidikan
jasmani dikelas IV SD. Hal ini ditunjukkan persentase rata-rata hasil analisis
produk skala kecil sebesar 88,75% dengan kriteria “baik”. Hasil uji skala besar
diperoleh persentase sebesar 93,33% dengan kriteria “sangat baik”. Data hasil
pengamatan dan wawancara siswa pada uji coba skala kecil diperoleh persentase
73,51% dengan kriteria “baik”. Hasil pengamatan dan wawancara siswa uji coba
skala besar dengan persentase 85,07% dengan kriteria “baik”. Peningkatan hasil
pengamatan dan wawancara siswa dengan persentase 11,56%. Saran untuk guru
PJOK dapat menggunakan model permainan Run “Z” Ball dalam penerapan
gerak dasar lari jarak pendek. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini dapat
digunakan sebagai alternatif alternatif penyampaian materi pembelajaran pada
mata pelajaran Pendidikan Jasmani,Olah Raga dan Kesehatan untuk siswa SD.
Kata kunci: Permainan Run “Z” Ball, gerak dasar lari jarak pendek.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 02:14 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 02:14 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7308 |