ANALISIS DAYA TANGKAP ANAK TERHADAP NILAI KARAKTER DALAM FILM ANIMASI DORAEMON NOBITA DAN LEGENDA RAJA MATAHARI

CAHYANINGTYAS, DWI RETNANI (2021) ANALISIS DAYA TANGKAP ANAK TERHADAP NILAI KARAKTER DALAM FILM ANIMASI DORAEMON NOBITA DAN LEGENDA RAJA MATAHARI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI DWIRETNANICT-16120405.pdf] Text
SKRIPSI DWIRETNANICT-16120405.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dwi Retnani Cahyaningtyas. NPM 16120405 “Analisis Daya Tangkap Anak
terhadap Nilai Karakter dalam Film Animasi Doraemon Nobita dan Legenda Raja
Matahari” Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dosen Pembimbing I
Singgih Adhi Prasetyo, S.Sn.,M.Pd dan Dosen Pembimbing II Henry Januar Saputra,
S.Pd.,M.Pd. Universitas PGRI Semarang.
Penelitian ini dilatar belakangi tontonan film yang kurang mendidik pada anak usia
sekolah dasar yang menyebabkan turunnya moral anak sehingga perlu adanya pendidikan
karakter. Pendidikan karakter diperlukan untuk membekali mereka dalam menghadapi
kehidupan bermasyarakat agar menjadi manusia yang berakhlak. Pendidikan karakter dapat
diajarkan pada anak sekolah dasar melalui film, namun tetap dalam pengawasan orang tua
dan guru dalam menonton tayangan televisi.
Penelitian ini difokuskan untuk mengkaji Nilai Karakter dari delapan belas nilai
karakter menurut Kemendiknas 2010 seperti Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja
Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta tanah
air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komunikatif, Cinta damai, Gemar membaca, Peduli
lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab, yang terdapat dalam film animasi Doraemon
Nobita dan Legenda Raja Matahari. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan nilai
karakter dalam film animasiDoraemon seperti peduli sosial, kreatif, bersahabat/komuniktif,
jujur, toleransi, tanggung jawab, mandiri, cinta damai, kerja keras, menghargai prestasi,
disiplin, religious, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, gemar membaca, yang terdapat
dalam film animasi Doraemon Nobita dan Legenda Raja Matahari.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Digunakannya metode
kualitatif dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data
yang diperoleh dari fenomena yang terjadi dengan menggunakan beberapa metode yang
ada. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, dokumentasi serta metode
simak catat. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi diskusi teman sejawat
Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh jika film animasi Doraemon memiliki nilai
karakter peduli sosial, kreatif, bersahabat, jujur, toleransi, tanggung jawab, mandiri, cinta
damai, kerja keras, menghargai prestasi, disiplin, religious, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, gemar membaca. Ke lima belas nilai karakter tersebut muncul dalam setiap
adegan dengan acuan delapan belas nilai karakter menurut Kemendiknas 2010. Film ini
dapat dijadikan sebagai wahana pendidikan karakter siswa SD dalam proses pembelajaran
disekolah-sekolah. Pengajaran nilai-nilai karakter melalui film dapat dilakukan dengan
cara menampilkan film animasi Doraemon Nobita dan Legenda Raja Matahari pada salah
satu pelajaran yang sesuai.
Dari hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah guru dapat
menjadikan film animasi sebagai wahana dalam mengajarkan pendidikan karakter, bagi
sekolah diharapakan meningkatkan mutu pendidikan karakter melalui film dan bagi
orangtua agar selalu mendampingi serta memilih tayangan yang layak untuk ditonton anak-
anak usia SD.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Nov 2024 02:09
Last Modified: 07 Nov 2024 02:09
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7301

Actions (login required)

View Item
View Item