NUGRAHA, ALGA BISMA (2019) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KONTROL DIRI SISWA KELAS X SMK NUSA BANGSA DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ALGA BISMA NUGRAHA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Alga Bisma Nugraha. NPM 14110090: “Pengaruh Layanan
Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Kontrol Diri
Siswa Kelas X SMK Nusa Bangsa Demak Tahun Pelajaran 2019/2020”
Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. 2018.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan kurangnya kontrol
diri siswa di kelas X diunggkap dalam permasalahan ini tujuan yang hendak
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk megetahui pengaruh bimbingan
kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap kontrol diri siswa.
Bentuk rendahnya kontrol diri disekolah siswa kurang mampu
mengendalikan diri, berpikir dan bersikap positif, sulit mematuhi tata tertib
sekolah, sulit menyusun jadwal di sekolah dan di rumah, sering kali tidak siap
mengikut ujian, merasa menjadi anak paling bodoh dikelas, berbicara tidak sopan
terhadap guru.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui metode penelitian
true experimental design dengan model pre-test post-test control group design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Nusa Bangsa Demak
tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 69 siswa. Kelas X AD 1 adalah kelas
yang dipergunakan untuk tryout. Sampel dalam penelitian yaitu 20 siswa kelas X
SMK Nusa Bangsa Demak yang diambil dengan menggunakan teknik simple
random sampling. Alat pengumpul data yang dipergunakan adalah skala Kontrol
diri.
Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis diperoleh hasil thitung = 3,62.
Selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% (0.05) yaitu
2,100. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung = 3,62 > ttabel = 2,100. Atas dasar
perhitungan tersebut maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ―ada pengaruh
layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap kontrol diri
siswa kelas X SMK Nusa Bangsa Demak tahun pelajaran 2019/2020‖ diterima
kebenarannya pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian menunjukkan bahwa
layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat mengembangkan
kemampuan kontrol diri siswa.
Saran bagi guru BK/konselor hendaknya dapat menggunakan dan
memanfaatkan layanan bimbingan dan kelompok teknik sosiodrama untuk
meningkatkan kontrol diri siswa. Bagi siswa dapat mengikuti layanan bimbingan
kelompok dengan teknik sosiodrama diharapkan mampu Untuk meningkatkan
kontrol diri.
Kata Kunci: Kontrol diri, bimbingan kelompok, teknik sosiodrama.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 02:09 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 02:09 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7299 |