SHOLIHAH, MARATUS (2020) PENERAPAN MEDIA KARTU KATA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA PGRI 1 PATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
MARATUS SHOLIHAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Maratus Sholihah, NPM 15410108 ―Penerapan Media Kartu Kata dalam
Pembelajaran Menulis Teks Puisi Pada Peserta Didik Kelas X SMA PGRI 1 Pati
Tahun pelajaran 2018/2019‖. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing 1 Dr.Nazla
Maharani Umaya, S.S., M.Hum. Pembimbing II Pipit Mugi Handayani, S.S.,
M.A.
Kata kunci: penerapan media kartu kata, menulis teks puisi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang tidak
menggunakan media sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta didik
khususnya dalam pembelajaran menulis puisi. Hasil belajar peserta didik belum
mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan yaitu 75.
Berdasarkan kondisi tersebut dapat diupayakan penerapan media yang tepat dalam
pembelajaran menulis teks puisi pada peserta didik kelas X SMA PGRI 1 Pati
Tahun Pelajaran 2018/2019. Media yang diterapkan adalah media kartu kata.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan media
kartu kata pada peserta didik kelas X SMA PGRI 1 Pati Tahun pelajaran
2018/2019. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan
media kartu kata dalam pembelajaran menulis teks puisi pada peserta didik kelas
X SMA PGRI 1 Pati tahun pelajaran 2018/2019.
Metode penelitian pada skripsi ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta
didik kelas X SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel dalam
penelitian ini yaitu kelas X IPA V. Pengambilan sampel dari populasi yang ada
dalam
penelitian
ini
menggunakan
teknik
Simple
Random
Sampling.
Pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan tes menulis teks puisi
kepada peserta didik. Teknik nontes dilakukan melalui observasi dan angket.
Berdasarkan hasil persentase nilai menulis teks puisi dengan jumlah peserta
didik 36 dapat diketahui bahwa 6 peserta didik yang mendapat nilai >91 dengan
persentase 16,7% dan termasuk dalam kriteria sangat baik. Pada interval 81-90
terdapat 10 peserta didik dengan persentase 27,8% yang termasuk dalam kriteria
baik. Pada interval 71-80 terdapat 20 peserta didik dengan jumlah persentase
55,5% sedangkan peserta didik tidak ada yang mendapat kategori kurang dan
sangat kurang. Rata-rata yang diperoleh adalah 83,33. Nilai tertinggi yang
diperoleh adalah 95 sedangkan nilai terendah adalah 75. KKM yang ditetapkan
yaitu 75. Semua peserta didik telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM).
Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan media kartu kata
dalam pembelajaran menulis teks puisi pada peserta didik kelas X SMA PGRI 1
Pati Tahun Pelajaran 2018/2019 sangat tepat untuk diterapkan. Saran yang dapat
disampaikan untuk guru yaitu agar dapat menggunakan beragam media dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia agar peserta didik semakin bersemangat
mengikuti pembelajaran dan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 02:04 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 02:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7291 |