IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEDIA AUDIO VISUAL I CARE DALAM MENINGKATKAN SIKAP PEDULI ANAK KELOMPOK A1 TK ISLAM AL AZHAR 22 SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020

SETIAWATI, DWI (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEDIA AUDIO VISUAL I CARE DALAM MENINGKATKAN SIKAP PEDULI ANAK KELOMPOK A1 TK ISLAM AL AZHAR 22 SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI DWI S.pdf] Text
SKRIPSI DWI S.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dwi Setiawati: Implementasi Pembelajaran Media Audio Visual I Care Dalam
Meningkatkan Sikap Peduli Anak Kelompok A1 Tk Islam Al Azhar 22 Semarang
Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pgri
Semarang. Agustus, 2020.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi serta faktor
pendukung, penghambat dan solusi pembelajaran media audio visual I Care dalam
meningkatkan sikap peduli anak.
Metode penelitian berjenis kualitatif, dengan 21 anak. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data
dianalisis dengan triangulasi dengan sumber dan waktu.
Hasil penelitian meliputi: 1) Pelaksanaan pembelajaran bermedia audio
visual I Care karena mudah dioperasionalkan, tampilan menarik, mudah mengikat
perhatian anak, dan anak lebih mudah merekam materi. Pembelajaran
dilaksanakan secara daring/PJ, sementara anak berada di rumah dengan
didampingi orang tua, dengan 2 sesi pagi dan sore. Evalusai diakhir pembelajaran
berupa tanya jawab dan pengamatan dengan indikasi keberhasilan anak sudah
mulai terbiasa berbagi dan saling membantu sesama. 2) Faktor pendukung
pembelajaran bermedia audio visual I Care berupa PC, HP, laptop, Wifi, ruang
kondusif, dan adanya dukungan dari guru, kepala sekolah dan orang tua. Faktor
penghambat berupa listrik mati mendadak tanpa pemberitahuan sebelumnya,
jaringan internet melemah sehingga memperlambat pembelajaran dan suara putus-
putus kurang jelas, ketersediaan jaringan internet yang kurang bagus. Selain itu,
pembelajaran daring berdampak komunikasi kurang maksimal pada anak PAUD,
serta pendampingan orang tua yang tidak bisa dalam waktu yang bersamaan.
Upaya yang dilakukan: guru mempersiapkan paket internet mandiri jika jaringan
di sekolah lemah., HP android selalu ready listrik mati mendadak, guru
mengadakan home visit secara berkelompok bagi anak-anak yang membutuhkan.
Saran peneliti: Guru hendaknya menguasai IPTEK dan desain
pembelajaran sehingga mampu mengelola pembelajaran daring secara kreatifit
dan inovatif.
Kata Kunci: Implementasi, Media Audio Visual I Care, Sikap Peduli Sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Nov 2024 02:03
Last Modified: 07 Nov 2024 02:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7289

Actions (login required)

View Item
View Item