Khasanah, Maratus (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA BERDASARKAN GENDER. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Maratus Khasanah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa SMA berdasarkan gender pada materi trigonometri. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data
dilakukan pada siswa SMA kelas XI SMA Takhasus Alquran tahun ajaran
2019/2020 berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, wawancara, dan dilengkapi dengan
dokumentasi sehingga semua kegiatan dapat terekam dengan baik. Teknik analisis
data
dalam
penelitian
ini
yaitu
data
reduction,
data
display,
dan
conclusiondrawing/verification. Untuk menguji keabsahan data digunakan
triangulasi metode dengan membandingkan hasil tes dan wawancara. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa siswa berjenis kelamin laki-laki dan perempuan
cenderung belum mampu mengidentifikasi sifat-sifat atau konsep.
Kata kunci : Analisis, Pemahaman Konsep, Gender
ABSTRACT
This research aims to find out the understanding of mathematical concepts of
senior high school students based on gender in trigonometry material. This types
is a descriptive research with a qualitative approach. The data collection was
carried out from the 2nd grade students of the Takhasus Alquran Senior High
School in the academic year 2019/2020, based male and female. Data collection
techniques used in this research are tests, interviews, and are equipped with
documentation so that all activities can be recorded properly. Data analysis
techniques in this research are data reduction, data display, and conclusion
drawing/verification. The data validity used the triangulation of methods which
are used by comparing test results and interviews. The results showed that male
and female students have not able to identify the traits or concepts.
Keywords: Analysis, Concept Understanding, Gender
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 02:00 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 02:00 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7284 |