RIYANTI, ESTI DEWI (2020) PROFIL PEMAHAMAN GURU SD TERHADAP PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS, MATHEMATICS) DI KECAMATAN KARANGRAYUNG GROBOGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Esti Dewi Riyanti.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
ESTI DEWI RIYANTI, NPM 16120330. “Profil Pemahaman Guru SD Terhadap
Pendekatan STEAM (Science,Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) di
Kecamatan Karangrayung Grobogan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2018.
Latar
belakang
yang
mendorong
penelitian
ini
adalah
seiring
berkembangnya zaman diperlukan literasi baru dalam dunia pendidikan untuk
meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan dengan mengenalkan guru tentang
pendekatan STEAM. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana
profil pemahaman guru SD terhadap pendekatan STEAM (Science,Technology,
Engineering, Arts, and Mathematics) di Kecamatan Karangrayung Grobogan?.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan STEAM (Science,Technology,
Engineering, Arts, and Mathematics) di Kecamatan Karangrayung Grobogan.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan metode (1) observasi, (2) wawancara, (3) angket,
dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah pemahaman guru. Sampel yang
diambil yaitu 3 kepala sekolah, guru kelas 4, 5, dan 6 di SD yang berbeda. Data
yang diperoleh dari hasil wawancara guru, siswa, dan orangtua diolah dengan cara
triangulasi data.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
kepala sekolah dan guru di SD N 1 Ketro, SDN 2 Ketro, dan SD N 3 Ketro belum
mengetahui mengenai pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering,
Arts, and, Mathematics) sebagai pendekatan baru yang dapat digunakan dalam
proses pembelajaran yag melibatkan keaktifan siswa, namun tanpa kepala sekolah
dan guru sadari mereka telah melaksanakan atau menerapkan pendekatan STEAM
(Science, Technology, Engineering, Arts, and, Mathematics) dalam proses
viii
pembelajaran. Penerapan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering,
Arts, and, Mathematics) yang dilakukan guru telah berjalan dengan baik, hal ini
dapat dibuktikan dengan adanya guru dapat memberikan tugas peserta didik
dalam bentuk proyek. Penggunaan pendekatan pembelajaran yang digunakan guru
dalam kegiatan pembelajaran tergolong sangat monoton dalam pembelajaran IPA
dan Matematika, guru dapat menggunakan banyak pendekatan yang diketahui
guru untuk diterapkan dalam pembelajaran sehingga siswa tidak jenuh dalam
mengikuti pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran yang disediakan oleh
sekolah belum digunakan guru dengan semaksimal mungkin, dalam penggunaan
media pembelajaran guru belum sepenuhnya memanfaatkan media pembelajaran
secara maksimal. Guru dapat menggunakan pendekatan pembelajaran seperti
Scientific, discovery, pendekatan lingkunan, pemecahan masalah, dan STEAM
sebagai pendekatan baru dalam pembelajaran IPA dan Matematika.
Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah agar guru
dapat menerapkan pendekatan STEAM dalam pembelajaran untuk meningkatkan
kreativitas siswa.
Kata kunci: pendekatan STEAM, tugas proyek, pendekatan baru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 01:58 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 01:58 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7282 |