PRATIWI, ESTI DEVI (2020) ANALISIS ASSESMENT HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA MATERI IPA KELAS TINGGI SD N BUGANGAN 02 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Esti Devi Pratiwi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Esti Devi Pratiwi 16120388 “Analisis Assesment Hogher Thinking
Skills Pada mata Pelajaran IPA Kelas tinggi SDN Bugangan 02 Semarang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI
Semarang. Dosen Pembimbing 1 Filia Prima Artharina, S.Pd., M.Pd. Dosen
Pembimbing II Henry Januar Saputra, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara yang dilakukan
Pada tanggal 29 Oktober dan 5-6 Desember 2019 dengan Pak Agus, Bu
Istiqomah, dan Bu Berthayang merupakan guru kelas tinggi di SD N
Bugangan 02 Semarang yang menyatakan bahwa dalam menyusun tes untuk
penilaian harian, guru tidak membuat kisi-kisi.
Fokus Penilaian ini adalah Bagaimana Analisis Assesment Higher
Ordeer Thinking Skills Pada Materi IPA Kelas tinggi di SD N Bugangan 02
Semarang?.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis
Assesment Higher Ordeer Thinking Skills Pada Materi IPA Kelas tinggi di
SD N Bugangan 02 Semarang.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif dengan menggunakan
pendekatan deskriptif.Tempat yang dipilih dalam penelitian ini adalah SD N
Bugangan 02 Semarang.Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penilaian berorientasi HOTS Pada materi IPA Kelas Tinggi di SD N
Bugangan 02 Semarang dilaksanakan dengan baik dilihat dari hasil telaah
soal HOTS yang digunakan pada PTS dan PAS yang semuanya
mendapatkan skor diatas 70 dan masuk kategori cukup baik dan baik.
Langkah-langkah penyusunan soal HOTS yang dilakukan masuk kategori
baik dilihat dari hasil observasi yang mendapatkan skor 80. Guru
memanfaatkan hasil penilaian dan melaporkan hasil penilaian sesuai dengan
Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang standart Penilaian Pendidikan
dilihat dari hasil wawancara dan dokumentasi yang menunjukkan bahwa
guru memanfaatkan hasil penilaian untuk mengukur kemampuan siswa dan
melaporkan hasil penilaian dalam bentuk angka demgan skala 1-100 dan
deskripsi pada aplikasi raport.
Bagi guru, guru sebaiknya membuat kisi-kisi untuk penilaian harian
karena penyusunan kisi-kisi merupakan salah satu langkah untuk menyusun
soal HOTS sehingga soal yang disusun sesuai dengan tujuan penilaian.Bagi
sekolah, sekolah diharapkan terus melakukan evaluasi terhadap guru dalam
melaksanakan penilaian agar penilaian yang dilaksanakan berorientasi
HOTS sehingga dapat meningkatkan kemampuan berfikir siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 01:55 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 01:55 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7280 |