KEEFEKTIFAN MEDIA ANIMASI BENCANA PADA MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 5 PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN NGABLAK KABUPATEN MAGELANG

ACHSA, ALDEA MAULIDA (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA ANIMASI BENCANA PADA MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 5 PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN NGABLAK KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ALDEA MAULIDA ACHSA.pdf] Text
ALDEA MAULIDA ACHSA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ALDEA MAULIDA ACHSA. NPM 16120367. “Keefektifan Media
Animasi Bencana pada Model Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil
Belajar Tema 5 pada Peserta Didik Kelas V SDN Ngablak Kabupaten Magelang.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I
Dwi Prasetiyawati D.H, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II Mei Fita Asri Untari,
S.Pd., M.Pd. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya nilai harian
pada pelajaran tema 5 yaitu ekosistem, dari keseluruhan jumlah peserta didik kelas
V yaitu 20 peserta didik hampir setengah dari jumlah mendapatkan nilai dibawah
KKM. Hal tersebut disebabkan karena peserta didik masih merasa kesulitan dalam
pemahaman materi pada tema 5, selain itu pada proses pembelajaran guru belum
memanfaatkan media didalam pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah media animasi bencana
pada model pembelajaran Number Head Together (NHT) efektif terhadap hasil
belajar tema 5 pada peserta didik kelas V SDN Ngablak Kabupaten Magelang?
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa
besar keefektifan media animasi bencana pada model pembelajaran Number Head
Together (NHT) terhadap hasil belajar tema 5 pada peserta didik kelas 5 SDN
Ngablak Kabupaten Magelang.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan
rancangan penelitian yaitu Pre Experimental Design bentuk one group pretest-
posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Ngablak
Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang diambil adalah 20
peserta didik kelas V yang menggunakan teknik Sampling Jenuh. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik tes. Berdasarkan hasil
analisis data, diketahui bahwa rata-rata nilai hasil posttest lebih tinggi dari pada
rata-rata nilai pretest (71>56,5). Hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 5,883484054
ttabel = 2,023 pada taraf signifikansi 5%. Karena thitung > ttabel, yaitu 5,883484054 >
2,023 sehingga H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Media
Animasi Bencana pada Model Number Head Together (NHT) efektif terhadap Hasil
Belajar Tema 5 pada Peserta Didik Kelas V SDN Ngablak Kabupaten Magelang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya media animasi bencana pada model pembelajaran Number Head Together
(NHT) dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Nov 2024 01:50
Last Modified: 07 Nov 2024 01:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7270

Actions (login required)

View Item
View Item