ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SERTA UPAYA PENANGANANNYA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK KELAS IV SD NEGERI KARANGTEMPEL

SINTIKA, USI DIAN (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SERTA UPAYA PENANGANANNYA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK KELAS IV SD NEGERI KARANGTEMPEL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI 16120431 USI DIAN SINTIKA.pdf] Text
SKRIPSI 16120431 USI DIAN SINTIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

USI DIAN SINTIKA,“Analisis Kesulitan Belajar Siswa Serta Upaya
Penangananya Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Materi FPB dan KPK Kelas IV SD Negeri Karangtempel”, Skripsi, Fakultas
Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, pembimbing I M. Yusuf
Setia Wardana, S.Pd., M.Pd., pembimbing II Ervina Eka Subekti, S.Si.,
M.Pd., Penelitian ini didasarkan pada kejadian dilapangan saat siswa
mengerjakan soal latihan Matematika dalam bentuk soal cerita seringkali
siswa mengalami kesulitan dalam pemecahan soal tersebut. Dengan
demikian maka peneliti menganalisis kesulitan belajar siswa serta upaya
penangananya ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. Peneliti
bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi FPB dan
KPK ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah SDN Karangtempel dan
bagaimana upaya penangannya terhadap kesulitan belajar pemecahan
masalah matematika siswa terhadap materi FPB dan KPK pada SDN
Karangtempel. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri
Karangtempel dengan jumlah siswa 16 siswa. Sumber data diperoleh dari
hasil kerja siswa, wawancara guru, dan wawancara siswa. Berdasarkan hasil
analisis data dapat diketahui bahwa siswa banyak yang masih mengalami
kesulitan belajar. Adapun kesalahan siswa terletak pada pemahaman
masalah sebanyak 3,75%, kesalahan perencanaan strategi sebanyak 52,5%,
pada pelaksanaan strategi siswa mengalami kesalahan sebanyak 50%, dan
sebanyak 40% siswa mengalami kesulitan dalam memeriksa kembali jawaban. Rekomendasi yang dapat diberikan yaitu dalam proses
pembelajaran sebaiknya siswa memperhatikan dengan seksama supaya
mudah memahami dan jika belum paham siswa memberanikan diri untuk
bertanya dan meminta guru untuk menjelaskan kembali sampai benar-benar
paham. Untuk dapat menyelesaikan masalah, pemecah masalah siswa harus
dapat menemukan hubungan data dengan yang ditanyakan. Berdasarkan
perencanaan strategi penyelesaian, penyelesaian masalah yang sudah
direncanakan itu dilaksanakan dengan menuliskan langkah-langkah yang
telah diajarkan pada lembar jawaban siswa. Setelah hasil penyelesaian
diperoleh, perlu dilihat dan dicek kembali untuk memastikan semua
alternatif tidak diabaikan misalnya dengan cara melihat kembali hasil.
Kata kunci : Kesulitan belajar, pemecahan masalah materi FPB dan KPK

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Nov 2024 01:48
Last Modified: 07 Nov 2024 01:48
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7268

Actions (login required)

View Item
View Item