PEMGEMBANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN BATIK PEKALONGAN BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL

wibowo, Alam (2019) PEMGEMBANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN BATIK PEKALONGAN BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Alam wibowo.pdf] Text
Alam wibowo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Game edukasi adalah permainan yang dibuat atau dirancang untuk meningkatkan
daya pikir, konsentrasi dan memecahkan masalah. Game edukasi juga merupakan
salah satu jenis media yang digunakan untuk memberikan pengajaran,menambah
pengetahuan penggunanya melalui suatu media unik dan menarik. game ini
biasanya digunakan untuk media pembelajaran dalam Sekolah Dasar khususnya
kelas 5, maka permainan untuk mengenal kebudayaan sangat di perlukan disini
bukan tingkat kesuliatan yang di pentingkan,tetapi kesadaran untuk mengenal
ragam budaya seperti membatik perlu ditanamkan sejak usia dini, oleh karena itu
penulis membuat game edukasi yang valid,praktis,dan efecktif tentang
pengenalan batik pekalongan, bagi siswa Sekolah Dasar pada mata pelajaran
Muatan local. menggunakan metode research & development (R & D) yang terdiri
dari 6 tahapan yaitu; (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain
produk, (4) validasi desain, (5) revisi produk, dan (6) ujicoba produk.Dengan
menerapkan hasil dari game edukasi ini, diharapkan dapat membantu anak-
anakdalam belajar dan dapat meningkatkan pola pikir kreatif serta menambah
pengetahuan lebih maju.
Kata kunci : Game Edukasi Batik, Sekolah Dasar,Muatan Lokal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Nov 2024 01:45
Last Modified: 07 Nov 2024 01:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7264

Actions (login required)

View Item
View Item